Rekomendasi Kopi Terenak di Indonesia, Salah Satunya Bercita Rasa Madu

Rahma Sari · Jumat, 12 Januari 2018 - 10:10 WIB

Rekomendasi kopi terenak di Indonesia (Foto: Byron)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai negara penghasil kopi terbesar, Indonesia memiliki berbagai macam jenis kopi. Salah satunya Kopi Gayo yang dikenal sebagai sentra produksi kopi arabika terbesar, di Asia dengan kualiatas terbaik dunia.

Jika Anda pencinta kopi, coba nikmati kopi-kopi khas Indonesia. Koordinator Juri Indonesia Coffe Event 2018, John Chendra mengatakan, Anda dapat merasakan lima kopi paling lezat di Indonesia, seperti kopi Gayo, Toraja, Wamena, dan lainnya.

"Kamu rasain kopi Indonesia dari lima pulau, itu bukan yang lagi trendi sekarang, tapi lima pulau itu yang membentuk sejarah kopi Indonesia," ujar John, di Hotel Artotel, Jakarta, Jumat 12 Januari 2018.

Ingin tahu apa saja kopi paling enak di Indonesia? Berikut ulasannya:

Kopi Bajawa-Flores

Kopi Flores memiliki aroma cokelat manis, kayu dan bunga-bungaan yang khas. Karakter ini dipengaruhi oleh kondisi Pulau Flores yang memiliki banyak gunung berapi. Kopi yang paling terkenal di Flores adalah kopi arabika Bajawa yang pernah memenangkan penghargaan “The Indonesian Speciality Coffee Contest”. Kontes ini diadakan oleh Association of Indonesia Coffee Exporters and Industries (AICE) pada 2009. Kontes ini melombakan cita rasa yang khas dari berbagai kopi di Indonesia, kopi arabika Bajawa dinilai memiliki cita rasa khas madu.

Kopi Gayo, Aceh

Aceh dikenal sebagai sentra produkai kopi arabika terbesar di Asia dengan kualiatas kopi terbaik di dunia. Kopi Gayo memiliki karakteristik aroma khas. Daerah yang memiliki peran sebagai penghasil kopi dari Aceh berada di Dataran Tinggi Gayo. Dataran Tinggi Gayo adalah daerah yang ada di bagian punggung pegunungan Bukit Barisan. Gunung ini membentang sepanjang pulau Sumatera.

Kopi Malabar, Jawa Barat

Pada 1725, Indonesia menjadi negara terbesar pengekspor kopi di dunia. Sebagian besarnya adalah wilayah Jawa Barat, termasuk kopi Malabar ini. Kopi Malabar juga dikenal dengan sebutan “kopi Java Preanger. Istilah ini bukan hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga di dunia. Kopi arabika Malabar ini sangat unik. Karakteristik rasanya begitu kental dan ada rasa cokelat yang dominan pada kopi dengan rasa akhir rempah.

Kopi Toraja, Sulawesi Selatan

Kopi Toraja cocok bagi pencinta kopi yang tidak suka terlalu asam atau terlalu pahit. Rasa kopi Toraja ini identik dengan kecokelatan, tembakau, atau caramel. Kopi berwarna hitam dan tidak begitu pekat. Kopi ini memeiliki tekstur halus. Saat menyeduh kopi hitam ini dengan air panas, tercium bau khas kopi Toraja yang harum dan tidak berbau keras.

Kopi Wamena, Papua

Kopi Wamena memiliki kualitas terbaik dengan kandungan kafein yang sedikit. Kopi ini memiliki aroma wangi dan khas, bertekstur soft. Kopi Wamena memiliki rasa manis yang muncul setelah minum kopi.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR