Resep Andalan Menu Vegan dari Tempe, Tahu, dan Jamur

Vien Dimyati · Rabu, 10 Januari 2018 - 13:41 WIB

Resep andalan menu vegan (Foto: Health)

JAKARTA, iNews.id - Beralih ke gaya hidup vegan mungkin tampak menakutkan bagi sebagian orang. Padahal, mengubah kebiasaan menjadi seorang vegan adalah hal mudah. Tempe, tahu, hingga jamur bisa menjadi bahan utama sebagai menu vegan.

Anda tak perlu bingung mencari menu apa yang akan dimakan. Karena, seorang vegan hanya menerapkan pola makan yang berasal dari tumbuhan.

Misalnya, Anda hanya mengganti daging dengan makanan, seperti tahu, tempe, dan jamur. Sayuran dan tempe bisa menjadi alternatif daging.

Menerapkan gaya hidup vegan tampaknya agak sulit bagi banyak orang. Sebab, menjadi seorang vegan berarti Anda harus menghilangkan menu susu, telur, daging, keju atau apa pun yang tidak berasal dari tanaman.

Memang diet semacam ini agak menakutkan, namun manfaat kesehatannya sangat besar.

Bagi Anda yang ingin menerapkan gaya hidup vegan, tentunya membutuhkan banyak perencanaan. Ingin tahu seperti apa persiapan seorang vegan membuat resepnya sehari-hari? Berikut ulasannya seperti dirangkum iNews.id, melalui Insider, Rabu (10/1/2018).

Ganti daging dengan tahu, tempe, atau jamur


Memang sulit rasanya menghilangkan menu daging dalam keseharian Anda. Entah itu daging merah, kalkun, atau ayam. Daging bisa diganti dengan tahu. Bagaimanapun, tahu menawarkan sebanyak protein dan zat besi seperti kebanyakan daging. Ini adalah pengganti yang ideal. Meski bukan makanan favorit setiap orang, tahu bisa disiapkan dengan berbagai cara, dan tersedia dalam berbagai rasa dan tekstur berbeda. Tahu juga bisa digunakan untuk membuat taco daging.

Jika Anda tidak terlalu menyukai tahu, jamur adalah pengganti daging lainnya. Jamur memiliki sumber protein, vitamin C, dan zat besi yang baik. Jamur bisa diasinkan dan dipanggang untuk membuat burger. Jamur Portobello juga bisa dipanggang dan diisi untuk makanan cepat dan mudah.

Jika tekstur tahu dan jamur tidak cocok untuk Anda, coba mengganti dengan tempe. Terbuat dari kedelai utuh dan lebih kencang dari tahu, tempe kaya protein dan serat. Ini bisa dibeli di toko bahan makanan lokal Anda.

Pengganti susu

Ada banyak pengganti untuk dipilih ketika Anda harus mengganti susu yang setiap hari diminum. Anda bisa memilih susu kedelai, susu beras, susu oat, susu rami, susu almond, atau santan kelapa.

Tukar keju dengan kacang


Meskipun Anda dapat membeli keju vegan di supermarket khusus. Namun, Anda bisa mengganti keju dengan kacang-kacangan. Kacang mentah, terutama kacang mete, bisa dimurnikan menjadi saus krim yang bisa diganti menjadi makanan favorit, seperti fettuccine Alfredo, nacho, atau fondue.

Jika Anda ingin mencari pengganti yang lebih lembut, tofu bisa jadi alternatifnya. Tofu bisa digunakan untuk membuat ricotta atau keju cottage pada hidangan pasta dan pizza.

Manisan sehat

Mentega dan madu kerap dijadikan makanan penutup atau manisan dalam menu keseharian Anda. Tukar mentega biasa dengan mentega kelapa atau margarin kedelai. Keduanya memiliki rasa yang sama dan memiliki nutrisi baik.

Untuk pengganti madu, Anda bisa mencoba agave nektar, nektar kelapa, atau sirup maple, yang kesemuanya mudah ditemukan dan murah.

Daging asap bisa diganti tempe


Menghilangkan keju dan susu tidak akan terlalu sulit bagi sebagian orang, tapi jika tidak memakan daging, tampaknya ini sangat sulit. Jangan khawatir, untuk rasa, tempe sama lezatnya dengan daging. Tempe bisa dipotong tipis dan digoreng seperti daging.

Sayuran lain yang bisa menjadi alternatif adalah terong dan jamur. Dengan menggunakan bumbu sederhana, terong dan jamur bisa digoreng atau dipanggang hingga renyah.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR