Sarapan Sehat dengan Pie Ayam Sayuran untuk Bekal si Kecil

Rahma Sari · Selasa, 13 Februari 2018 - 06:10 WIB

Sarapan sehat dengan pie ayam sayuran (Foto: Taste)

JAKARTA, iNews.id - Sarapan sangat penting sebelum memulai berbagai aktivitas. Bingung ingin membuat sarapan apa? Coba buat pie ayam dan sayuran. Pai mungil dengan isi ayam dan sayuran ini sangat pas untuk dijadikan snack gurih. Bahkan, makanan sehat ini juga cocok untuk bekal anak-anak.

Meski  membutuhkan waktu yang lama, anak-anak akan berselera untuk sarapan dan akan menghabiskan bekal. Ingin tahu cara membuat pie ayam sayuran? Berikut resepnya dirangkum iNews.id, dari Taste, Selasa (13/2/2018).

Bahan-bahan

300 gram tepung terigu
40 gram tepung self-raising
200 gram mentega
2 butir telur
Biji wijen untuk tabur

Bahan untuk isian

250 gram bayam
1 sdm minyak zaitun
2 bawang merah, cincang
300 gram  jagung, wortel dan kacang polong
200 gram ayam, cincang
80 gram cheddar, parut kasar

Cara membuat

Pertama, panaskan oven sampai 190°C/170°C. Letakan kertas roti pada nampan.
Kemudian, masukan tepung dan mentega dalam food processor sampai campurannya halus. Tambahkan satu butir telur dan 60ml (1/4 cangkir) air dingin. Proses sampai adonan tercampur rata. Bungkus ke dalam plastik dan letakan di lemari es selama 30 menit.

Sambil menunggu adonan, buat isian. Panaskan minyak dalam wajan besar dengan api sedang. Masukan bawang merah, aduk, selama satu menit. Tambahkan sayuran dan masak sambil diaduk selama dua menit atau sampai hangat. Tambahkan bayam, ayam dan aduk rata. Setelah matang, angkat dan masukan ke mangkuk tahan panas dan  biarkan dingin. Masukan keju  cheddar dan bumbui dengan garam dan merica. Bagi menjadi delapan porsi.

Setelah itu, kocok telur yang tersisa dalam mangkuk kecil. Bagi adonan menjadi delapan porsi. Lalu buat adonan yang dipipihkan dengan ukuran 14 cm. Kemudian  masukan isi ayam di tengahnya. Lalu tutup dan rekatkan tepian adonan dengan telur. Jepit ujung adonan dengan garpu dan tutup rapat. Setelah semua adonan selesai letakan pada nampan yang disiapkan.

Terakhir, olesi pie dengan telur dan taburi dengan biji wijen. Panggang selama 25-30 menit atau sampai keemasan dan garing. Anda bisa menyajikanya bersama sambal.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR