Tanpa Minyak Sayur, Sarapan Spesial Kentang Brokoli Keju Panggang

Rahma Sari · Kamis, 15 Februari 2018 - 06:20 WIB

Sarapan sehat dengan kentang brokoli (Foto: Dulanotes)

JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda penggemar sayur-sayuran, pasti tidak asing dengan sayur brokoli. Sayuran hijau ini cocok dijadikan menu untuk sarapan pagi. Anda bisa memasaknya tanpa menggunakan minyak sayur.

Untuk mendapatkan menu berbeda, coba membuat kentang brokoli keju panggang. Biasanya, brokoli dimakan dengan cara tumis atau rebus. Namun kali ini, Anda bisa berkreasi menambahkan kentang dan keju. Kentang brokoli keju ini lebih lezat jika dimasak dengan cara dipanggang.

Apalagi bagi Anda yang tidak berselera makan nasi. Menu sehat ini bisa menjadi pengganti nasi. Untuk membuat santapan lezat ini juga sangat mudah.

Anda hanya membutuhkan brokoli, kentang, keju dan susu. Lantas, seperti apa cara pembuatannya? Berikut ulasan yang dirangkum iNews.id, Kamis (15/2/2018).

Bahan -bahan

4 buah kentang sedang
1 buah brokoli
100 ml susu cair
50 gram keju, parut
1 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang Bombai, potong dadu
2 sdm mentega
75 gram bungkus tepung bumbu putih
Cabai bubuk, secukupnya
Aluminium foil secukupnya

Cara membuat

Pertama, kupas kentang dan cuci bersih. Kukus sampai matang dan keruk bagian tengah. Lalu, potong brokoli dan rebus setengah matang dan sisihkan. Kemudian panaskan mentega. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Tambahkan susu cair. Aduk hingga rata.

Setelah itu, masukan keju. Tuang larutan tepung bumbu putih dengan perbandingan tiga sendok makan tepung dan enam sendok makan air. Aduk dan masak hingga mengental. Ambil kentang yang sudah dibungkus dengan aluminium foil. Isi bagian tengah dengan saus keju dan brokoli. Beri parutan keju dan taburan cabai bubuk. Terakhir, panggang selama 25 menit. Angkat setelah matang. Kentang brokoli keju siap disajikan.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR