Unik, Desain Masjid di Indonesia Ada yang Mirip Gereja

Rahma Sari · Jumat, 12 Januari 2018 - 18:00 WIB

Masjid Cipari Garut (Foto: Ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai negara dengan mayoritas agama Islam, Indonesia memiliki banyak masjid yang indah dan unik. Mulai dari masjid dengan bangunan seperti gereja sampai masjid yang terapung.

Salah satunya, Masjid Amurul Mukminin atau biasa disebut Masjid Terapung. Bangunan ini adalah masjid terapung pertama di Indonesia.

Untuk mengetahui yang lainnya, berikut masjid-masjid unik di Indonesia, sebagaimana dirangkum iNews.id, Jumat (12/1/2018).

Masjid Terapung Amirul Mukminin Makassar

Selain memiliki Pantai Losari yang indah, Makassar memiliki Masjid Amirul Mukminin atau biasa disebut Masjid Terapung. Ini merupakan masjid terapung pertama di Indonesia yang dapat menampung sekitar 500 jamaah. Masjid berwarna putih dengan dominan warna abu-abu dengan kubah warna biru ini, memiliki tiga lantai. Saat sore hari, jamaah bisa menikmati sunset dari teras masjid.

Masjid Cheng Ho, Surabaya

Terletak di Jalan Gading, Surabaya, masjid Cheng Ho dikenal unik karena arsitekturnya bernuansa Tiongkok. Masjid yang satu ini, sudah tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia karena keunikannya. Dari luar, masjid ini justru tampak seperti klenteng yang digunakan untuk tempat ibadah kaum Khonghucu. Penamaan Masjid Cheng Ho merupakan bentuk penghormatan pada Laksamana Cheng Ho yang telah menyebarkan agama Islam di Indonesia. Masjid ini diresmikan pada 28 Mei 2003 oleh Said Agil Husein Al Munawar, Menteri Agama saat itu.

Masjid Cipari, Garut

Masjid Cipari memiliki desain bangunan seperti gereja. Desain yang terlihat pada bentuk menara dan pintu utama masjid ini, mirip dengan bangunan gereja. Masjid memiliki bentuk segi empat. Di bagian tengah atap masjid, bukanlah kubah. Melainkan menara dengan puncak berbentuk kubah berwarna emas. Masjid ini didirikan pada 1936 oleh arsitek  Abikusno Cokrosuryo. Dia merupakan aktivis sarekat Islam saat itu.

Masjid  Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat menggunakan arsitektur modern yang identik dengan kubah. Atap bangunan menggambarkan bentuk bentangan kain yang digunakan untuk mengangkat batu Hajar Aswad. Masjid Raya Sumatera Barat ini diresmikan pada 2007. Bangunan ini merupakan rancangan arsitek Rizal Muslimin. Masjid terletak di Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Padang, Sumatera Barat.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR