Weekend, Berwisata ke Kebun Raya Kuningan Lihat Tumbuhan Unik

Rahma Sari · Sabtu, 13 Januari 2018 - 07:30 WIB

Wisata ke kebun raya kuningan (Foto:Instagram )

JAKARTA, iNews.id - Belajar mengenai berbagai macam tumbuhan sambil bersantai di bawah rindangnya pohon dapat menjadi pilihan wisata akhir pekan. Salah satu kebun raya yang baru dibuka pada 2018, adalah Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat.

Kebun Raya Kuningan, merupakan kebun raya terbesar dan terluas di Indonesia. Kebun Raya yang luasnya mencapai 156 hektare ini, terasa sejuk. Karena berada di kaki Gunung Ciremai. Di kebun raya ini, Anda bersama keluarga bisa bertamasya bersama.

Bupati Kuningan, Acep Purnama mengatakan, Kebun Raya Kuningan (KRK) menjadi objek wisata pertama, murni buatan Indonesia "zaman now". "Di sini banyak sekali botanicalnya, KRK memiliki koleksi tumbuhan unik dan memiliki ciri khas. Di sini, tempatnya konversi hutan," ujar Acep Purnama, ketika ditemui iNews.id, di Kuningan Jawa Barat, belum lama ini.

Tak hanya Kebun Raya Kuningan, di beberapa kota lainnya, kebun raya juga menjadi objek wisata paling berkesan jika dikunjungi bersama keluarga. Sebut saja, Kebun Raya Massenrempulu. Kebun raya ini memiliki tujuh taman dan tujuh kolam untuk budidaya ikan.

Ingin tahu kebun raya mana saja yang bisa dikunjungi sebagai alternatif wisata akhir pekan untuk keluarga? Berikut ulasannya, seperti dirangkum iNews.id, Sabtu (13/1/2018).

Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat

Kebun Raya Kuningan merupakan kebun raya terbesar dan terluas di Indonesia. Kebun Raya yang luasnya mencapai 156 hektare ini sangat sejuk, karena berda di kaki Gunung Ciremai. Kebun Raya ini berada di ketinggian 870 meter di atas permukaan laut.

Di sini, Anda akan melihat perbukitan, pohon-pohon rindang yang mengitari taman dan zona tematik yang cantik, seperti Rock Garden, Taman Awi (taman bambu), Taman Endemik Ciremai, dan lainnya. Ciri khas dari Kebun Raya Kuningan adalah banyaknya batu-batu vulkanik yang besar. Kebun Raya Kuningan berada di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Sekitar satu jam 20 menit dari pusat Kota Kuningan, dan satu setengah jam dari Kota Cirebon.

Kebun Raya Lombok, Nusa Tenggara Barat

Menikmati udara yang dingin serta pemandangan ribuan pohon di Kebun Raya Lombok dapat menjadi salah satu pilihan wisata. Selain itu, kegiatan camping dan penelitian juga dapat dilakukan di sana. Setiap hari libur, pelajar dari Taman Kanak-Kanak, SD, SMP, SMA, dan Mahasiswa datang ke lokasi ini. Di kebun seluas 82,9 hektare dan areal terbuka seluas 48 hektare, Anda dapat melihat berbagai jenis tumbuhan. Ada sekitar 1.227 spesimen di Kebun Raya Lombok.

Kebun Raya Katingan, Kalimantan Tengah

Kebun Raya Katingan mengusung tema konservasi buah tropis. Ada berbagai macam buah tropis di sana, seperti durian, tabulus, tangkuhis atau mata kucing, kasturi, langsat, dan tarap. Tema konservasi buah dipilih karena wilayah Indonesia adalah wilayah tropis dan diperlukan tempat koleksi untuk buah lokal, regional, nasional, bahkan dunia.

Kebun raya ini dilengkapi gapura, kantor, wisma, gudang, greenhouse, rumah anggrek, pembibitan paranet, pendopo, toilet, gazebo, dan embung. Untuk menuju Kebun Raya Katingan, jarak yang ditempuh sekira 70 kilometer dari Palangkaraya, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

Kubun Raya Massenrempulu, Enrekang, Sulawesi Selatan

Kebun Raya Massenrempulu memiliki tujuh taman dan tujuh kolam untuk budidaya ikan air tawar. Tujuh nama kebun tersebut yaitu Taman Palem, Taman Wangi, Taman Obat, Taman Hias, Taman Jogging Track, dan Taman Latinro. Sedangkan, ikan yang dibudidaya yaitu ikan bawal, maula, patin, nila, dan ikan emas. Kebun Raya Massenrempulu memiliki berbagai macam tanaman endemik dalam negeri maupun dari luar negeri, seperti jabon merah, palem, ketapang Malaysia, kigelia Afrikana, dan lainnya. Kebun Raya ini terletak di Dusun Buttu Kuang, Desa Batu Mila, Kecamatana Maiwa.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR