Wisata Kekinian di Bogor, Berenang di Tengah Bebatuan Balong Endah

Vien Dimyati · Sabtu, 10 Februari 2018 - 16:40 WIB

Wisata Bogor Balong Endah (Foto: Ilustrasi Dolanan)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai kota yang terletak di antara pegunungan, Bogor menjadi kota yang memiliki banyak destinasi indah. Terutama untuk wisata air terjun. Di Bogor, ada satu curug yang sedang hits di antara traveler milenial, yaitu Curug Balong Endah, di Bogor, Jawa Barat.

Kebanyakan traveler yang datang ke sini hanya untuk menikmati berenang di tengah bebatuan granit besar yang ada di Curug Balong Endah. Airnya jernih, bahkan bebatuan dan kerikil yang ada di dasar balong terlihat dengan jelas.

Bagi Anda yang ingin bersantai, coba rasanya mencoba gaya telentang beralaskan ban sambil menikmati alam sekitar yang sejuk.

Curug Balong Endah berada di daerah Ciapus. Tepatnya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Curug ini terkenal di kalangan traveler milenial. Tak sedikit dari mereka yang mengunggah kejernihan air balong ke Instagram. Seperti yang ada di Instagram @Ivansupandi. Dia terlihat bersantai menikmati kejernihan air Balong Endah.

"Balong Endah gak kalah cantiknya sama Green Lagoon. Di sini airnya segar dan sangat jernih. Saking jernih dan segarnya plus udara sejuk makanya nikmat banget buat santai bermain air. Tapi jgn lupa ya ini kawasan taman nasional yg artinya hutan dan alamnya dilindungi. Kalian yg ke sini wajib banget jaga kebersihan dan kelestarian alam," tulisnya.

Untuk mencapai Balong Endah, traveler harus melewati Curug Luhur terlebih dahulu. Setelah melewati Curug Luhur, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 18 km.

Anda harus lebih hati-hati, sebab jalan yang akan dilalui cukup curam ditanjakan maupun turunan. Namun, meski harus berjuang untuk sampai ke Curug Balong Endah, setelah sampai di sana, Anda akan disajikan pemandangan yang luar biasa.

Air curug ini sangat jernih dan terlihat hijau. Anda bisa bermain air atau berenang dengan leluasa. Meski demikian, harus berhati-hati, sebab kedalaman balong ini mecapai 4-5 meter.

Untuk berenang di Balong Endah, ada dua lokasi yang berdekatan. Di bawah agak lebih sepi dibanding yang di atas karena banyak wisatawan yang datang. Bagi wisatawan yang datang ke sini, pasti melakukan foto-foto. Selain indah, curug ini terlihat menakjubkan. Cocok bagi mereka yang suka berfoto.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR