Geopark Indonesia

Wisata Unik Tradisi Rasulan Masyarakat Gunungkidul

iNews · Minggu, 11 Februari 2018 - 20:11 WIB

Tradisi Rasulan yang dilakukan oleh tiap desa di Gunungkidul. (Foto: iNews.id)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Masyarakat Gunungkidul, Yogyakarta, memiliki tradisi budaya unik bernama Rasulan.  Tradisi ini dilaksanakan sebagai tanda syukur atas hasil panen yang melimpah. 

Selain itu, Rasulan dilakukan sebagai ruwatan atau doa agar hasil panen di tahun berikutnya lebih baik. Kegiatan puncak tradisi ini adalah kirab budaya atau karnaval mengelilingi pedukuhan dari masing-masing dusun dengan membawa aneka gunungan. Masing-masing gunungan terdiri dari berbagai hasil panen.

Dalam kirab budaya, sebagian anak muda memanfaatkan kreativitasnya dalam membuat kostum untuk memeriahkan karnaval, mulai dari pakaian adat, kostum tentara lengkap dengan senjata, kostum koran bekas, dan banyak lagi. Arak-arakan kirab berakhir di balai desa. 

Selanjutnya, masyarakat akan memperebutkan berbagai hasil bumi di gunungan yang sebelumnya diarak. Mereka meyakini hasil panen tersebut akan membawa berkah bagi keluarga.

Jika ingin melihat budaya dan objek wisata indah di Tanah Air, saksikan program Geopark Indonesia di iNews TV, setiap Sabtu, pukul 15.15 WIB.

 


Editor : Dani Dahwilani

KOMENTAR