Ilustrasi peluang usaha kursus musik online. (Foto: Istimewa)
Jeanny Aipassa

JAKARTA, iNews.id - Banyak rekomendasi peluang usaha online di masa Pandemi Covid-19, namun tidak semuanya dapat diterapkan apalagi bagi Anda yang memiliki modal pas-pasan. 

Pandemi Covid-19 memang telah memukul sektor ekonomi, namun di sisi lain juga menghasilkan peluang usaha bahkan profesi baru yang semuanya serba digital. 

Jika Anda ingin menambah penghasilan atau membuka usaha karena mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau dirumahkan akibat dampak pandemi Covid-19, maka beberapa rekomendasi peluang usaha online ini mungkin bisa menjadi pilihan. 

Berikut 10 rekomendasi peluang usaha online yang mudah dilaakukan, tak butuh banyak modal, dan tentunya menguntungkan: 

1. Mengelola Media Sosial

Jika kamu adalah kaum milenial yang akrab dengan media sosial dan menguasai aplikasi edit gambar atau video, jangan sia-siakan skill kamu untuk mencoba peluang usaha mengelola media sosial. 

Anda bisa mencari klien perorangan atau Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk menawarkan jasa mengelola media sosial, baik untuk personal branding maupun pemasaran produk. 

Untuk memulainya, Anda harus mampu berkomunikasi dengan calon klien agar memahami visi mereka dan dapat menuangkannya ke dalam media sosial yang Anda kelola. 

Pekerjaan ini membutuhkan kreatifitas, baik dalam mengedit gambar yang eye cathing, maupun caption yang menginspirasi atau relate dengan target klien. 

2. Membuat Katering dengan Menu Spesifik

Bisnis makanan tak pernah surut di segala musim. Bahkan di masa pandemi seperti saat ini, banyak UMKM kuliner yang bermunculan, termasuk usaha katering rumahan. 

Tapi agar Anda tak kalah bersaing dan memiliki pangsa pasar yang jelas, cobalah membuka usaha katering dengan menu yang spesifik. Misalnya paket makanan sehat, aneka kue basah atau jajanan tradisional, atau menu makanan yang menjadi tren, seperti nasi bakar atau ayam geprek. 

3. Bisnis Dropship

Dropship menjadi salah satu peluang usaha yang banyak digeluti seiring dengan pertumbuhan toko online. Secara sederhana dropship diartikan dengan usaha menjualkan barang milik orang lain. Berbeda dengan reseller yang umumnya harus membeli dulu, dropship sifanya hanya menyalurkan barang dari supplier. 

Keuntungan bisnis dropship biasanya dari selisih antara harga yang kita jual dengan harga asli dari supplier. Jadi tinggal bagaimana mengatur selisih harga tersebut sehingga bisa menghasilkan keuntungan. 

Dropship tidak terbatas untuk barang yang dijual. Asalkan ada pasar dan peminatnya, dropship bisa dilakukan untuk berbagai produk dan kebutuhan. 

Bisnis Dropship menjadi salah satu peluang usaha yang palingdiminat9i di masa pandemi karena tidak mengeluarkan modal. Jangan ditanya, sudah banyak orang yang pendapatan bulanannya tembus jutaan dengan terjun ke bisnis dropsip. 


4. PPOB 

PPOB adalah pelayanan untuk pembayaran tagihan-tagihan yang kita miliki. Entah itu air, listrik, TV kabel, internet, dan lain sebagainya. Keberadaan bisnis PPOB ini penting terutama bagi orang-orang di wilayah pedesaan atau sub urban. 

Bisnis ini cukup menjanjikan karena secara umum hampir semua orang pasti memiliki tagihan. Agar dapat memperoleh keuntungan, Anda dapat memanfaatka peluang usaha PPOB melalui aplikasi berbayar yang dapat memfasilitas seluruh pembiayaan tagihan, mulai dari PAM, Listri9k, telepon, hingga PGN (gas). 


5. Bisnis Jasa Titipan

Peluang bisnis jasa titipan cukup menjamur di masa pandemi, khususnya untuk belanja kebutuhan rumah tangga. Promosinya pun bisa dengan memanfaatkan media sosial. 

Banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan peluang bisnis ini dengan menggunakan jejaring media sosial untuk mempromosikan harga produk atau keperluan rumah tangga supermartket yang dikunjungi. 

Pembatasan mobilitas masyarakat dan keengganan masyarakat untuk berada di tempat ramai, membuat bisnis jasa titipan menjadi pilihan bagi yang malas ke luar rumah untuk membeli keperluan rumah tangga. Alhasil semua keperluan keluarga dipesan melalui orang yang menawarkan jasa titipan. 

Bisnis jasa titipan ini bahkan bisa merambah sampai ke luar kota loh. Keuntungannya bisa diperoleh dari biaya transport dan ongkos kirim, bahkan harga diskon produk yang diberikan supermarket untuk pembelanjaan dalam nominal tertentu. 

Untuk menekuni bisnis ini Anda hanya cukup bermodalkan pengetahuan tentang promosi produk dan bisa memasarkannya dengan semenarik mungkin agar ada orang yang tertarik membeli dan menggunakan jasa Anda. 

6. Menjadi Penerjemah

Menjadi penerjemah mungkin terdengar sangat klasik, tapi nyatanya bahkan di 2021 ini pekerjaan tersebut masih sangat dibutuhkan. Kalau kamu memiliki skill alias kemampuan bahasa, maka peluang bisnis ini jangan sampai dilewatkan.

Apalagi di masa pandemi yang mengandalkan digitalisasi, banyak bahan presentasi harus ditampilkan secara virtual, sehingga dibutuhkan terjemahan bagi materi dalam bahasa asing. 

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa penerjemah untuk perusahan yang melakukan ekspor, terutama dalam menerjemaahkan dokumen surat dan kontrak dengan suatu perusahaan atau pelaku usaha yang berhubuungan dengan mitra bisnis dari luar negeri. 

Bahkan seiring dengan tingginya animo masyarakat menonton tayangan film, drama, dan membaca weebtoon atau novel secara online di masa pandemi, jasa penerjemah semakin dibutuhkan. 

Agar bisa menjangkau semakin banyak calon klien, kamu bisa memasarkan skill penerjemah ini di sosial media. Linked.in akan sangat membantu mengingat platform ini memang dibangun khusus untuk mencari koneksi terutama terkait pekerjaan.


7. Membuat Cerpen Online

Jika kamu hobi menulis cerita pendek, jangan sungkan untuk mencoba mengirim karya Anda ke beberapa operator aplikasi cerpen online atau webtoon. Seiring dengan tingginya penggunaan media sosial di masa pandemi, pembaca webtoon dan cerpen online pun meningkat, sehingga dibutuhkan tenaga penulis untuk menciptakan karya yang menarik pembaca. 


8. Kursus Musik Online

Di masa pandemi, banyak aktivitas anak-anak yang tak dapat dilakukan antara lain kursus musik. Nahjika Anda, memiliki keahlian memainkan alat musik, cobalah peluang usaha kursus musik online. 

Tawarkan jasa kursus musik online melalui mkedia sosial dengan menampilkan beberapa video yang menunjukkan kemampuan Anda bermain alat musik. 

Bisnis ini cukup banyak diminati para orang tua yang ingin anaknya tetap dapat mengembangkan dan meningkatkan bakat bermusik di masa pandemi.  Berikan harga kursus sedikit di bawah rate kelas tatap muka, maka peluang Anda untuk mendapat lebih banyak klien terbuka luas. Penghasilan guru kursus musik ada yang mencapai Rp 10 juta per bulan loh dengan hanya mengajar 4-5 anak.


9. Personal Trainer Online

Sama seperti kursus musik, peluang usaha personal trainer online untuk kursus gym pun dapat dilakukan secara online. 

Bagi Anda yang memiliki keterampilan olah raga Yoga, gymnastic, atau cheerleader, cobalah tawarkan les untuk kategori olahraga tersebut melalui media sosial. Dijamin peminatnya cukup banyak, apalagi untuk kelas gymnastic bagi anak-anak dan ibu rumah tangga. 

Peluang bisnis ini sangat menguntungkan karena spesifik sesuai skill. Jika Anda mampu menerima banyak murid untuk les, penghasilan Anda pun dijamin semakin besar. Personal trainer online bisa menghasilkan pendapatan sebesar Rp6 juta sampai Rp10 juta per bulan.

10. Bisnis Tanaman Hias

Di masa pandemi saat ini, tanaman hias begitu banyak peminatnya di kalangan masyarakat. Bahkan untuk harganya sendiri bisa mencapai jutaan untuk satu tanaman saja. 

Peluang usaha ini sangat cocok bagi para pecinta tanaman yang bingung mau membuka bisnis apa, bahkan dengan modal yang minim.

Memulai usaha tanaman dari nol mungkin akan sangat sulit, sehingga kamu harus melakukan beberapa langkah di bawah ini supaya usahamu semakin berkembang dan semakin maju antara lain seperti:

Menyiapkan modal cukup untuk membeli tanaman dan segala pernak perniknya. Membuat akun media sosial untuk promosi. Melakukan riset pasar tentang tanaman apa saja yang sedang diminati. Memberikan harga masuk akal dan tidak terlalu mahal.

Demikian 10 rekomendasi peluang usaha online yang mudah untuk dilakukan sesuai dengan skill atau minat yang Anda miliki, bermodal minim, namun dapat mendatangkan keuntungan besar. 


Editor : Jeanny Aipassa

BERITA TERKAIT