Menparekraf Sandiaga Uno terapkan 3 strategi untuk percepat pemulihan ekonomi di sektor parekraf.
Anggie Ariesta

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, Kemenparekraf menerapkan tiga startegi untuk mempercepat pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.  

"Kemenparekraf menerapkan 3 pilar pemulihan, yaitu inovasi, adaptasi dan kolaborasi untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional khususnya di sektor parekraf," kata dia dalam sambutan di acara Jakreatifest 2021 secara virtual di Jakarta, Senin (30/8/2021).

Dengan begitu, pelaku sektor parekraf bisa meningkatkan kapasitas dan kreatifitas khususnya di era digital seperti saat ini. Karena itu, Kemenparekraf fokus menyelenggarakan berbagai kegiatan dan program untuk meningkatkan kemampuan para pelaku parekraf.

Dia menuturkan, pandemi Covid-19 sudah melumpuhkan kegiatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Para pelaku usaha pariwisata ekonomi dan kreatif pun mengalami kerugian dan mencoba bertahan di masa sulit ini.

Namun perlahan dengan bantuan dari pemerintah dan sejumlah pihak, beberapa daerah sudah terlihat bangkit dengan adanya geliat wisata. Contohnya di Lembah Harau.

"Dari Lembah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat saya melihat bagaimana pariwisata ekonomi dan kreatif ini menggeliat karena pembatasan kegiatan masyarakat membuat kinerja industri parekraf terbatas, sehingga para pelaku usaha mengalami kerugian cukup besar, tapi imajinasi kita tak akan pernah bisa dibatasi," tuturnya.

Sandiaga menegaskan, tantangan di masa pandemi ini harus dilihat sebagai peluang untuk memperbaiki sektor parekraf secara fundamental. Maka dari itu, Kemenparekraf ingin mewujudkan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas serta berkelanjutan melalui tiga pilar pemulihan.



Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT