Wisata Ancol ditutup sementara
Ferdi Rantung

JAKARTA, iNews.id - Manajemen Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara menutup kegiatan operasional sejak kemarin, Sabtu (15/5/2021) hingga besok, Senin (17/5/2021). Hal ini untuk memberlakukan penguatan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran penularan Covid-19 karena membeludaknya pengunjung. 

Tempat wisata populer di kawasan Ibu Kota Jakarta ini sempat diserbu kurang lebih 40 ribu pengunjung pada hari pertama Lebaran. Manajemen pun memberikan pengumuman penutupan kawasan wisata tersebut dalam akunnya di Instagram

"Halo Ancolovers yang kami sayangi, kami mohon maaf atas ketidaknyamannya," tulis pengumuman tersebut, Minggu (16/5/2021).

Penutupan dilakukan beserta unit rekreasi di dalamnya yang juga ditutup sementara. Ancol akan kembali dibuka pada 18 Mei 2021.

Dengan adanya proses penguatan protokol kesehatan yang dilakukan oleh managemen Ancol, maka bagi yang sudah membeli tiket untuk kunjungan tanggal 15–17 Mei 2021 dapat melakukan penjadwalan ulang kedatangan mulai 18 Mei sampai 31 Desember 2021, dengan datang langsung tanpa harus melakukan reservasi ulang. 

"Kami sangat mengapresiasi bagi anda yang ingin melakukan penjadwalan ulang dan akan mendapatkan kompensasi, tiket Anda bisa digunakan untuk 2x kunjungan di tanggal berbeda. Untuk yang sudah mempunyai tiket kunjungan tanggal 15–17 Mei 2021, opsi ini tidak berlaku bila melakukan pengembalian dana (refund)," bunyi pengumuman tersebut.

Bagi yang melakukan refund tiket bisa langsung mengisi formulir https://goers.co/francol15mei dengan ketentuan:

a. Form pengembalian dana ini tujukan bagi pengunjung Ancol Taman Impian dan unit rekreasi di dalamnya yang melakukan pembelian di website www.ancol.com dan Ancol App pada tanggal 15-17 Mei 2021
b. Pengembalian dana akan diproses setelah konfirmasi data diterima
c. Form ini akan ditutup pada tanggal 18 Mei jam 23.59 WIB, dan mulai diproses pada tanggal 21 Mei 2021. Refund akan di proses paling lambat dalam waktu 30 hari kerja
d. Pengembalian dana tiket 100 persen berupa uang, namun tidak termasuk biaya layanan

"Sekali lagi kami mohon maaf dan mohon pengertiannya," tulis manajemen Ancol. 

Namun langkah penutupan yang dilakukan oleh manajemen Ancol mendapat ribuan komentar dari pengunjung. 

"Ngeri liat kerumunannya. Sebaiknya tegas di awal ya, Pengelola Tempat Wisata," tulis salah satu warganet. 

"Kami ini punya waktu terbatas min, sekelas Ancol masa enggak bisa prediksi traffic. Bisa saja kami ke sana di lain waktu, masalahnya buat waktu yg sedikit seperti saya sudah sangat kehilangan moment, jujur saya kecewa berat," ujar lainnya.


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT