Antisipasi musim hujan, Pupuk Indonesia amankan stok pupuk bersubsidi. (Foto: Ist)
Suparjo Ramalan

JAKARTA, iNews.id - PT Pupuk Indonesia (Persero) akan menyiapkan stok pupuk subsidi di gudang-gudang lebih awal. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi musim hujan yang dikhawatirkan akan berdampak pada pendistribusian pupuk bersubsidi.

SVP Perencanaan & Manajemen PSO Pupuk Indonesia, Eric Juliana Rachman mengatakan, saat ini stok pupuk bersubsidi jumlahnya mencapai 2,17 juta ton. Sementara itu, stok di gudang lini 3 mencapai 294 persen dari stok minimum yang ditetapkan pemerintah. 

“Kami segera melakukan pengiriman ke gudang-gudang, karena kondisi cuaca juga dapat menghambat transportasi laut maupun darat,” ujar Eric dikutip, Jumat (5/11/2021).

Untuk mengoptimalkan penyaluran pupuk bersubsidi, Pupuk Indonesia juga membangun sistem teknologi informasi, diantaranya melalui sistem penebusan online oleh distributor, serta melakukan pemantauan stok secara online melalui Distribution Planning & Control System (DPCS). Kelebihan sistem ini dapat melakukan pemantauan hingga lini 4 (kios).

Selain itu, saat ini Perseroan juga sedang mengembangkan Retail Management System (RMS). Aplikasi ini diperuntukkan bagi penebusan pupuk komersil.

Bahkan, aplikasi dapat mengcapture data pembeli dan beroperasi secara online maupun offline. Ke depan, RMS memungkinkan untuk digunakan sebagai alat penebusan pupuk bersubsidi. 

“Sistem ini sudah kami sampaikan ke pemerintah, namun saat ini masih pada tahap uji coba atau pilot project dan digunakan sebagai aplikasi penebusan pupuk non-subsidi,” ucapnya.


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT