Kepala Terminal Terpadu Merak, Alam Suryawijaya. (Foto: MPI/Iqbal Dwi Purnama)
Iqbal Dwi Purnama

JAKARTA, iNews.id - Terminal Terpadu Merak beroperasi 24 jam untuk mendukung kelancaran arus balik lebaran 2022. Sebelumnya, terminal itu beroperasi hanya sampai pukul 21.00 WIB. 

Kepala Terminal Terpadu Merak, Alam Suryawijaya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemilik bus antarkota untuk menyediakan armada bus yang cukup seiring bertambahnya jam operasional Terminal Terpadu Merak menjadi 24 jam. 

Dengan demikian, para penumpang kapal yang berjalan kaki diharaokan bisa terakomodasi seluruhnya oleh armaada bus yang tersedia, dan tidak terjadi antrean panjang.

"Seharusnya untuk ke Jabodetabek itu terakhir jam 9 malam, kita sudah rapat dengan PO bus untuk menambah jam pelayanan," ujar Alam saat ditemui MNC Portal, Minggu (8/6/2022).

Alam menjelaskan, hal tersebut mengikuti waktu bongkaran kapal yang juga 24 jam. Sehingga pada arus balik saat ini yang banyak juga penumpang arah Jabodetabek maka jam operasional bus ditambah.

"Bekasi itu misalnya jam 9 malam sudah selesai, dengan posisi seperti ini, kita tambahkan lagi waktu pelayanannya, jadi tidak sampai jam 9 saja, terus berlanjut," kata Alam.

Sedangkan untuk tarifnya sendiri, alam menjelaskan setiap bus memiliki tarif yang berbeda-beda. Sesuai dengan kelas dan rute perjalanan yang dipilih oleh para penumpang. "Range nya di sekitar Rp35 ribu sampai Rp70 ribu," kata Alam.

Seperti diketahui puncak arus balik lebaran masih terjadi di pelabuhan merak, data yang dikeluarkan oleh pihak PT ASDP (Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberang) tiap penumpang yang datang ke pelabuhan merak terus mengalami peningkatan.


Editor : Jeanny Aipassa

BERITA TERKAIT