Harga minyak mentah dunia mengalami kenaikan hari ini dipicu penurunan stok minyak di Amerika Serikat (AS). (Foto: Istimewa)
Dinar Fitra Maghiszha

JAKARTA, iNews.id - Harga minyak mentah dunia mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Kamis (30/6/2022). Katalis penggerak pasar minyak hari ini datang dari rilis data Badan Informasi dan Administasi Energi (EIA) yang mencatat adanya penurunan stok minyak mentah Amerika Serikat (AS) per 24 Juni 2022.

Pantauan bursa ICE pukul 09:42 WIB, harga Brent untuk kontrak September 2022 tumbuh 0,52 persen persen di 113,05 dolar AS per barel.

Adapun West Texas Intermediate (WTI) di New York Mercantile Exchange (NYMEX) untuk pengiriman September juga meningkat 0,51 persen di 107,56 dolar AS per barel.

Penurunan stok minyak mentah AS terjadi di tengah produksi yang melimpah, bahkan mencapai level tertingginya sejak April 2020, gelombang pertama pandemi Covid-19. Artinya, konsumsi minyak mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sebagaimana dilaporkan Reuters, Kamis (30/6/2022).

Seiring kondisi tersebut, stok bahan bakar di AS juga naik karena adanya aktivitas yang cukup produktif dari kilang yang beroperasi. Tercatat, 95 persen kilang dari total kapasitas aktif beroperasi.

Di sisi lain, harga minyak juga terdampak oleh lonjakan harga dolar yang lebih kuat dalam menekan harga. Kenaikan dolar membuat minyak lebih mahal bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain.

Sementara itu, Organisasi Negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC) dan OPEC+, yang mencakup sekutu seperti Rusia, dijadwalkan akan memulai pertemuan selama dua hari pada hari Rabu.

Sebuah sumber menyebut belum ada ekspektasi adanya upaya peningkatan produksi dalam kelompok tersebut. 


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT