Kisah sukses Gibran Rakabuming jadi pengusaha kuliner. Foto: iNews/Septyantoro.
Rina Anggraeni

JAKARTA, iNews.id - Kisah sukses Gibran Rakabuming yang merupakan putra sulung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo alias Jokowi ini selalu menarik perhatian publik. Dia sukses menjadi pengusaha kuliner di usia muda. 
 
Gibran mengikuti jejak ayahnya menjadi seorang pengusaha usai lulus dari University of Technology Insearch di Australia pada 2010. Saat kembali ke Solo, sang ayah sempat mengajaknya untuk melanjutkan bisnis CV Rakabu yang bergerak di usaha mebel, namun dia menolak dan memilih bisnis kuliner
 
Dia mengaku tak meminjam uang dari orang tuanya saat akan memulai bisnis. Dia justru meminjam uang dari bank untuk memulai bisnis kateringnya dengan nama Chili Pari pada 2015. 

Sukses dengan bisnis katering, ayah Jan Ethes ini  merambah ke jajanan kekinian Martabak Kotta Baru atau disingkat Markobar. Jajanan dengan berbagai mancam varian topping ini sukses menarik minat masyarakat Solo pada awal kemunculannya. 

Markobar saat ini tak hanya di Solo, tapi sudah berkembang ke sejumlah kota besar di Indonesia dalam waktu yang singkat.

Sukses dengan katering dan Markobar, jiwa bisnis pengusaha 34 tahun itu tak berhenti. Dia menarik beberapa rekanan untuk membuka usaha kuliner lainnya yang dinamai Pasta Buntel.

Pasta Buntel adalah makanan olahan pasta yang diberi bumbu khas Indonesia. Kuliner ini merupakan kolaborasi menu Italia dengan bumbu khas tradisional yang sangat unik.  
  
Kemudian pada 2018, Gibran berkolaborasi dengan Kevin Susanto membuat usaha rintisan minuman ringan yang dinamai Goola. Menu utama yang dijual adalah es doger jeger, es kacang hijau, dan es Goola aren dengan kemasan yang lebih menarik dan modern. 

Selain bisnis kuliner, pada 9 Juni 2018, dia  membuat aplikasi pencari kerja yang dinamai Kerjaholic bersama dengan Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, dan Daniel Hidayat. Aplikasi ini bekerja untuk menghubungkan para pencari kerja dengan pihak yang membutuhkan pekerja lepas atau paruh waktu.  
 
Setelah bisnis bersama rekan-rekannya, Gibran akhirnya mengajak sang adik Kaesang Pangarep membentuk SiapMas, yang menyediakan berbagai camilan keripik dan minuman. Berbagai camilan ringan yang bisa didapatkan di minimarket ritel ini dinamai Kemripik dan Pik Keripik serta minuman Ngedrink. 

Kemudian pada Juli 2019, Gibran bersama Kaesang, Chef Arnold Poernomo, dan Randy Julius mendirikan restoran dengan nama Mangkokku. Sukses di dunia bisnis, pada Pilkada 2020 lalu, dia mendaftarkan diri menjadi bakal calon Wali Kota Solo dari PDI-P. Dia pun terpilih menjadi Wali Kota Solo periode 2022-2025. 

Itulah kisah sukses Gibran Rakabuming jadi pengusaha kuliner, yang bisa dijadikan inspiratif bagi pemula yang ingin berbisnis.


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT