Mendiang Steve Jobs dianugerahi penghargaan sipil tertinggi oleh Joe Biden
Rizky Fauzan

NEW YORK, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberikan penghargaan anumerta Presidential Medal of Freedom kepada sejumlah tokoh di sana. Mulai dari artis, mantan senator hingga salah satu pendiri perusahaan Apple, mendiang Steve Jobs

Mengutip laman resmi White House, Senin (4/7/2022), penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah AS ke warga sipil sebagai perayaan tertinggi dari kontribusi yang sangat berjasa bagi keamanan atau kepentingan negara, perdamaian dunia, kebudayaan dan kepentingan publik atau swasta. 

Sudah ada 647 orang yang menerima penghargaan sejak medali ini pertama kali diberikan oleh Presiden John F Kennedy pada 1963 dan hanya 26 orang yang dianugerahi penghargaan spesial. Salah satunya yang diberikan kepada Steve Jobs.  

Steve Jobs semasa hidupnya adalah Co-founder, Chief Executive, Kepala Apple. Selain itu, juga CEO Pixar dan punya peran pemimpin di Walt Disney Company. 

"Visi, imajinasi, dan kreativitasnya menghasilkan penemuan yang telah dan terus mengubah cara dunia berkomunikasi, serta mengubah industri komputer, musik, film, dan nirkabel," tulis White House, (4/7/2022). 

Steve Jobs mendirikan Apple pada April 1976 dan sejak itu, perusahaan teknologi tersebut menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Namun, pria kelahiran 1955 itu memutuskan mengundurkan diri dari perusahaannya 10 tahun setelah didirikan. 

Kemudian pada 1997, dia bergabung lagi dengan Apple dan memimpin pengembangan produk, termasuk di antaranya iPhone, iPod, dan Mac. Selain Apple, Jobs juga salah satu pendiri perusahaan film animasi, Pixar. Perusahaan saat ini menjadi bagian dari Disney. 

Jobs menghembuskan napas terakhirnya pada usia ke-56 pada 2011 lalu setelah berjuang melawan penyakit kanker.   

Selain Jobs, dua tokoh yang sudah meninggal dan menerima penghargaan anumerta dari Biden, yakni mendiang John McCain dan Richard Trumka. 

Sementara itu, beberapa tokoh lain yang juga menerima Presidential Medal of Freedom termasuk Simone Biles, Gabrielle Giffords, Fred Gray, Khizr Khan, Diane Nash, Alan Simpson, dan aktor Denzel Washington.


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT