Profesi dan gaji content creator di Indonesia, ada yang capai ratusan juta? Foto: Picabay/ilustrasi
Rina Anggraeni

JAKARTA, iNews.id - Banyak milenial tertarik dengan profesi dan gaji content creator di Indonesia. Seiring dengan semakin populernya media sosial, maka profesi content creator pun menjadi peluang baik untuk Anda coba. 

Kata-kata, gambar, dan video adalah konten yang digunakan bisnis untuk memasarkan merek mereka. Seorang content creator bertanggung jawab untuk memproduksi materi yang melibatkan konsumen melalui cerita tertulis dan visual. Anda perlu mengembangkan kualitas tertentu dan mempelajari beberapa keterampilan utama untuk menjadi content creator.

Lalu bagaimana profesi dan gaji content creator di Indonesia? 

Untuk mengetahui, Anda perlu tahu lebih dahulu apa itu content creator. Dikutip dari Indeed, content creator adalah para profesional yang menggunakan tulisan, desain grafis, visual storytelling, atau kombinasi dari disiplin-disiplin ini untuk membuat topik apa pun dapat dikaitkan dan menarik bagi konsumen atau audiens. Content creator menghasilkan konten yang relevan setiap bulan, mingguan, dan bahkan setiap hari.

Bisnis mempekerjakan content creator untuk departemen pemasaran mereka atau menyewa content creator lepas untuk menulis dan memproduksi media sesuai dengan kebutuhan mereka. Content creator dapat menulis salinan atau kata-kata di media, menghasilkan gambar yang digunakan untuk pemasaran digital atau cetak, atau membuat video untuk perusahaan. 

Content creator dapat bekerja sebagai bagian dari tim atau sendiri untuk menghasilkan karya dalam satu atau beberapa format ini.

Peran content creator adalah kreatif dan analitis, menggunakan tren dalam kebiasaan konsumen atau audiens untuk membuat media yang membantu menghubungkan orang ke merek. Mereka biasanya menghasilkan konten yang digunakan secara online untuk menginformasikan dan menghibur, meskipun, di beberapa industri, konten cetak mungkin masih diperlukan.

Apa yang dilakukan content creator?

Saat Anda melihat situs web perusahaan atau halaman media sosial, Anda sedang melihat karya content creator. Content creator menggunakan alat digital untuk menghasilkan materi yang menyediakan informasi dan hubungan emosional bagi konsumen. Content creator dapat menghasilkan karya untuk blog, postingan media sosial, situs web, artikel, email, buletin, materi promosi baik digital maupun cetak, eBuku, video, infografis, atau desain grafis.

Setelah menghasilkan konten, seorang content creator membagikan karyanya secara online dengan mempostingnya ke situs web atau halaman media sosial. Jika konten mereka untuk pemasaran bisnis, mereka mungkin perlu melacak dan menganalisis efektivitas pekerjaan menggunakan alat digital yang menghitung berapa banyak pengguna yang melihat, membagikan, menyukai, atau berinteraksi dengan konten tersebut. 

Sepotong konten yang sukses membuat pemirsa terlibat, dan content creator perlu tahu bagian mana dari karya mereka yang mendapat lebih banyak perhatian dan mengapa.

Content creator menggunakan basis pengetahuan yang luas untuk menyediakan konten tertulis dan media. Beberapa kualitas yang sering memiliki, seperti:

Berbasis penelitian 

Content creator melakukan penelitian ekstensif dalam berbagai topik dan bersedia menjadi ahli jika mereka berspesialisasi dalam industri tertentu. Mereka memahami bagaimana mendongeng menciptakan hubungan emosional dengan audiens.

Kreatif

Karena mencipta adalah bagian utama dari pekerjaan mereka, mereka adalah penulis, seniman, dan pemikir kreatif yang dapat menemukan cara baru untuk menyajikan informasi yang sama.

Serbaguna

Content creator dapat bekerja di berbagai platform digital untuk menghasilkan materi. Mereka menggunakan program pengolah kata dan sistem manajemen komputer dan memiliki pengetahuan dasar tentang kode situs web. Mereka juga dapat menggunakan keterampilan desain grafis untuk menyajikan informasi dalam format visual. Mereka bahkan mungkin perlu memfilmkan, memproduksi, dan mengedit konten video.

Analitis

Content creator memahami dan menginternalisasi informasi dengan cepat, mengubahnya agar sesuai dengan proyek tertentu. Mereka harus mampu mempelajari dan memahami tren perubahan audiens. Mereka mampu menganalisis efektivitas apa yang mereka hasilkan menggunakan data digital dan dapat menawarkan ide untuk konten baru yang akan menjangkau khalayak yang lebih luas.

Terorganisir

Content creator perlu diatur dan bekerja dalam tenggat waktu. Mereka mungkin bekerja dari jarak jauh atau di kantor dengan tim.

Kolaboratif

Mereka mampu berkolaborasi dan menghasilkan ide dengan pembuat konten atau klien lain. Mereka membantu membentuk visi citra dan suara merek melalui konten online dan cetak. 

Konten yang dibuat oleh content creator haruslah bermanfaat untuk banyak orang. Ibarat membuat makanan, konten yang dibuat harus bagus. Jadi, perlu niat, mulai dari alat yang dimiliki, target yang jelas, juga fokus untuk sosial. Sedangkan untuk gaji content creator berkisar Rp5 juta hingga ratusan juta rupiah. 

Itulah profesi dan gaji content creator di Indonesia. 


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT