BSD akan ikut kembangkan Ibu Kota Negara.
Dinar Fitra Maghiszha

JAKARTA, iNews.id - PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) akan ikut mengembangkan Ibu Kota Negara (IKN) baru. Perseroan saat ini memiliki lahan seluas 500 hektare di sejumlah wilayah di sekitar Kalimantan Timur (Kaltim).

"Kami sudah bersiap-siap mengikuti rencana pemerintah pusat memindahkan ibu kota ke luar pusat Pulau Jawa, dengan mengamankan hampir 500 hektare lahan di Kalimantan Timur, Balikpapan, dan Samarinda," kata Head of Investor Relations PT Bumi Serpong Damai Tbk Christy Grassela dalam Public Expose Live 2021 Sesi PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) secara virtual, Selasa (7/9/2021).

Sementara Direktur Utama BSDE Franciscus Xaverius Ridwan Darmali menjelaskan, perseroan sedang menjalin komunikasi dengan pemerintah terkait target dalam pengembangan di lokasi IKN tersebut.

"Sejauh ini berupa pembicaraan dari target pemerintah yang sebetulnya," ujarnya. 

Dia mengatakan, perseroan telah melakukan persiapan pemindahan ibu kota dengan melakukan pengembangan di Balikpapan dan Samarinda. Perseroan membangun pusat hunian di wilayah tersebut sebagai strategi jangka panjang dan diharapkan akan diluncurkan dalam waktu satu atau dua tahun mendatang. 

Direktur BSD Hermawan Wijaya menambahkan, pengembangan proyek di sekitar ibu kota baru merupakan peluang bagi perseroan lantaran BSDE bukan pemain baru di wilayah tersebut. BSD sudah memiliki proyek di Balikpapan sejak 1985.

"Kami bukan pemain baru, kami sudah tahu lokasinya, sudah tahu pangsa pasarnya di Balikpapan terutama, dan brand kami sudah diketahui masyarakat Balikpapan," ujarnya. 


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT