Kemnaker terus melanjutkan penyaluran BSU. Untuk penyaluran BSU Tahap III akan mulai disalurkan paling lambat Selasa pekan depan. (Foto: Ist)
Iqbal Dwi Purnama

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus melanjutkan penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada 14,6 pekerja. Saat ini, penyaluran BSU masih dalam penyaluran tahap II.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI) Kemnaker, Indah Anggoro Putri mengatakan, untuk penyaluran BSU tahap III bakal mulai disalurkan paling lambat Selasa pekan depan.

"Insya Allah tahap III akan masuk rekening penerima paling telat Selasa depan," ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (23/9/2022).

Indah menambahkan, pihaknya menargetkan setiap minggu akan ada penyaluran BSU untuk para pekerja senilai Rp600.000 yang akan di transfer ke rekening Himbara milik pekerja.

"Lanjut terus sampai semua data tersalurkan sesuai regulasi Permenaker 10/2022 tentang BSU, setiap minggu target saya harus ada penyaluran," ucapnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya penyaluran BSU ini dapat menjadi bantalan untuk masyarakat menjaga daya beli di tengah inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Pemerintah pada tahun ini menyalurkan dana BSU dengan total kurang lebih sekitar Rp24 triliun, yang akan dikirim dalam beberapa tahap dengan acuan data penerima dari kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Selain menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan, syarat lain penerima BSU adalah pekerja yang memiliki gaji tidak lebih dari Rp3,5 juta, atau pekerja yang memiliki gaji dibawah upah minimum kota.


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT