Solar, Pertalite hingga Pertamax langka di Sumut, warga mulai panik. Foto: Wahyudi S
Wahyudi Aulia Siregar

MEDAN, iNews.id - Bahan bakar minyak (BBM) jenis solar, Pertalite, dan Pertamax di wilayah Medan dan sekitarnya mulai langka. Hal ini menyebabkan warga mulai panik. 

Berdasarkan pantauan di lapangan, ada sejumlah SPBU yang sudah tak memiliki stok BBM, seperti di SPBU Jalan Setiabudi, SPBU Jalan Gatot Subroto, SPBU Jalan Sisingamangaraja, dan SPBU Jalan Ringroad Gagak Hitam. 

Di SPBU tersebut dipasang tulisan, Solar, Pertalite hingga Pertamax sedang dalam perjalanan. Namun petugas SPBU mengaku, kondisi itu sudah terjadi sejak dua hari terakhir. 

"Sudah dua hari tidak ada pengisian. Pasokan belum datang," kata Amri, petugas SPBU di Jalan Setiabudi Medan, Kamis (14/10/2021).

Sementara Hilman (28), warga Medan Kota, mengaku panik begitu Pertamax habis di SPBU tempatnya sehari-hari mengisi BBM. Padahal, dia mengisi Pertamax untuk mengganti Pertalite yang sudah sulit didapatkan sejak dua pekan lalu. 

"Kalau Pertamax juga habis, terus kita harus pakai apa? Apa iya kita harus pakai Pertamax Turbo yang untuk mobil mewah? Lagipula enggak semua SPBU ada Pertamax Turbo. Harganya juga kelewat mahal," ujarnya. 

Sedangkan Ridho (33), warga Medan Timur kesal karena langkanya BBM  hingga membuat warga sulit beraktivitas. 

"Sudahlah Premium menghilang, kini Pertalite dan Pertamax juga hilang," ucapnya. 

Sejauh ini belum ada penjelasan dari Pertamina terkait kekosongan BBM di sejumlah SPBU Pertamina. Manager Humas PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Taufikurrahman belum memberikan jawaban saat dikonfirmasi. 

Namun sebelumnya Pertamina mengaku kekosongan ini terjadi akibat adanya peningkatan konsumsi BBM pasca pelonggaran PPKM di wilayah Medan. Kenaikan permintaan mencapai 10 persen dari rata-rata konsumsi harian. 

Selain itu, kekosongan juga disebabkan kendala distribusi akibat gelombang laut yang cukup tinggi hingga menyulitkan kapal tanker bersandar dan memasok BBM ke terminal Pertamina. Meski begitu, Pertamina sempat menjamin keamanan pasokan BBM di Sumut hingga 11 hari. 


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT