Gedung PT Telkom Indonesia (Telkom). (Foto: dok iNews)
Jeanny Aipassa

JAKARTA, iNews.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) resmi meluncurkan Leap-Telkom Digital (Leap) sebagai wujud nyata kontribusi perusahaan dalam mengakselerasi transformasi digital Indonesia.

Peluncuran Leap-Telkom Digital yang dilakukan secara daring dengan mengusung teknologi metaverse, Rabu (9/3/2022), dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, dan Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah.

Direktur Digital Business Telkom, Fajrin Rasyid, selaku inisiator Leap-Telkom Digital, mengatakan perusahaan BUMN telekomunikasi itu secara konsisten berkomitmen mendorong akselerasi transformasi digital Indonesia di segala aspek kehidupan masyarakat. 

Menurut dia, Leap hadir sebagai sebuah ekosistem digital yang menjadi umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. 

Fajrin mengungkapkan, Leap menjadi langkah nyata Telkom Indonesia mendorong inovasi digital dengan menyediakan solusi terbaik dalam memudahkan setiap aktivitas masyarakat. 

"Sejalan dengan program pemerintah, diharapkan kehadiran Leap dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia guna mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital Indonesia," kata Fajrin.

Sementara Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengatakan perseroan berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan solusi digital bagi seluruh lapisan masyarakat. 

Dia menjelaskan, Leap sebagai bagian dari Telkom Digital berperan sangat penting dalam mengakselerasi Digital Ekosistem Indonesia, sekaligus bukti nyata Telkom sebagai BUMN yang bertransformasi menjadi perusahaan digital, di mana produk-produk dan layanan digital yang dihadirkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. 

"Proses inovasi Telkom akan terus berlanjut hingga terciptanya kedaulatan digital Indonesia, demi mewujudkan visi Indonesia Maju 2045," ungkap Ririek. 

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, seiring dengan disrupsi teknologi saat ini, Indonesia menghadapi tantangan baru, sehingga diperlukan pengembangan ekosistem dan road map sendiri, agar bangsa Indonesia tetap kompetitif dan bisa lebih mandiri. 

"Oleh karena itu melalui Leap, inisiasi dari Telkom Indonesia, yang menghadirkan berbagai produk dan layanan digital inovatif, yang dapat memberdayakan masyarakat indonesia dalam membangun ekosistem digital, untuk mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital di Indonesia,” kata Erick Thohir. 

Untuk memperkenalkan produk dan layanan unggulan yang dimiliki Leap, sekaligus sebagai upaya menciptakan pengalaman terbaik, sebelum acara peresmian dilaksanakan para peserta diajak untuk mengunjungi virtual product booth yang melibatkan produk dan layanan digital unggulan dari berbagai ekosistem, di antaranya PaDi UMKM dan MySooltan di ekosistem UMKM, Logee di ekosistem logistik, serta Agree pada ekosistem pertanian dan perikanan. 

Selain itu, terdapat juga platform Pijar untuk ekosistem pendidikan, BigBox sebagai platform analisis Big Data, dan Antares sebagai platform IoT, serta aplikasi myIndiHome.

“Leap adalah loncatan yang kami lakukan untuk mempercepat terwujudnya digitalisasi di berbagai sektor dan aspek kehidupan masyarakat, khususnya di sektor dan ekosistem yang kritikal," ujar Fajrin.

Dia menambahkan, Leap memiliki visi menjadi bagian dari perusahaan telekomunikasi digital yang dapat memberdayakan masyarakat dalam membangun ekosistem digital demi tercapainya kedaulatan digital Indonesia. 

"Untuk itu, bersama Leap kami mengajak talenta-talenta digital terbaik bangsa untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem digital Indonesia dan memberikan berbagai solusi terbaik guna meningkatkan standar penghidupan masyarakat di era digital," ungkap Fajrin. 



Editor : Jeanny Aipassa

BERITA TERKAIT