Mendikbud Ristek Nadiem Makarim akan mengumumkan hasil seleksi PPPK Guru tahap I. Foto: Ist.
Dita Angga

JAKARTA, iNews.id - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, soal hasil seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru tahap I akan diumumkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Tjahjo Kumolo.

Soal waktunya, Bima mengatakan, itu terserah dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Namun berdasarkan rapat yang dilakukan antara BKN dan Kemendikbud, pemerintah akan memberikan penjelasan melalui konferensi pers pada Jumat pekan ini (8/10/2021).

“Kemarin malam (ada pertemuan). Jumat pagi akan ada konpres oleh Mendikbud dan Menpan,” katanya, Selasa (5/10/2021).

Seperti diketahui seleksi kompetensi tahap I telah selesai digelar pada 13 sampai 17 September 2021. Sementara tes susulan telah digelar pada 18 September 2021.

Sebelumnya pemerintah akan melakukan penyesuaian passing grade atau ambang batas kelulusan untuk seleksi kompetensi PPPK Guru. Bima mengatakan, akan ada perubahan Kepmenpan-RB terkait ambang batas kelulusan.

"Perubahan passing grade. Kan pada minta diafirmasi. Kalau passing grade-nya enggak diubah gimana?" ujarnya.

Saat dimintai penegasan perubahan apa yang dilakukan, Bima menyebut penurunan passing grade PPPK Guru.

"Memberikan afirmasi itu dengan cara menurunkan passing grade bagi yang bersangkutan," ucapnya.

Hal ini menyusul adanya kisah seorang guru lansia yang masih bersemangat untuk mengikuti seleksi PPPK Guru, namun nilai tesnya belum memenuhi passing grade.



Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT