Musik batak mendunia setelah Lomba Cipta Lagu Batak 2021 mencatatkan rekor peserta terbanyak di dunia dari MURI. (Foto: Ist)
Siska Permata Sari

JAKARTA, iNews.id - Musik batak mendunia setelah Lomba Cipta Lagu Batak 2021 mencatatkan rekor peserta terbanyak di dunia. Penghargaan ini tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).  

"Dengan ini MURI menyatakan dan mengukuhkan, Lomba Cipta Lagu Batak 2021 sebagai rekor dunia. Bukan hanya rekor Indonesia, tapi dunia karena belum pernah ada lomba cipta lagu batak dengan peserta terbanyak di negara lain, hanya di Indonesia," ujar Founder sekaligus Ketua Umum MURI, Jaya Suprana dalam keterangannya dilansir Kamis (9/12/2021).

Dia mengatakan, batak dan menyanyi adalah dua kata yang sinkron dan menyatu. "Bersyukur saudara saya dari batak mendapat anugerah kemahiran bisa menyanyi didukung dengan filosofi kehidupan orang batak dalam prosesi dari kelahiraan sampai dengan tutup usia diisi dengan nyanyi, baik nyanyian suka maupun duka,” kata Jaya Suprana. 

Atas raihan ini, pembina artis batak, Sukur H Nababan mengatakan, rekor MURI adalah bagian dari kepedulian sebagai orang batak untuk membumikan budaya. "Semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi seluruh warga Batak untuk terus berbuat dan mengabdi," ujar pria yang juga menjabat sebagai anggota Komisi V DPR dan ketua DPP PDI Perjuangan ini. 

Diketahui, Lomba Cipta Lagu Batak 2021 diikuti 368 pencipta lagu dengan 625 lagu masuk ke panitia. Dari jumlah tersebut, ada 103 karya lagu menjadi finalis untuk maju ke grand final. 

Grand final dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut pada 6-9 Desember 2021 setiap pukul 19.00 WIB secara Livestreaming di channel Youtube, Instagram maupun Facebook TheBataksBand. 

Seluruh lagu yang maju ke grand final diarasemen The Bataks Band yang juga memperoleh MURI mengarasement 103 lagu dengan kualitas dan waktu yang terbatas. The Btaks Band sendiri merupakan band anak muda bertalenta dibentuk dan dibina Sukur H Nababan. 

Lomba Cipta Lagu Batak 2021 juga didukung 42 artis batak papan atas untuk menyanyikan seluruh lagu yang maju ke grand final, seperti Rita Butar Butar, Trio Ambisi, Amigos Band, Victor Hutabarat dan lainnya. Seluruh artis yang tampil juga di anugerahi MURI.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT