Ayat Al quran tentang riba yang perlu diketahui Muslim agar menjauhi perbuatan ataupun emmakan harta riba. (Foto: Freepik)
Kastolani

JAKARTA, iNews.id - Ayat Al Quran tentang Riba disebutkan dalam sejumlah surah dan hadits Nabi SAW. Riba merupakan perbuatan yang sangat terlarang karena melebihkan jumlah nominal pinjaman saat pengembalian.  

Pengertian Riba

Ustaz Ahmad Sarwat MA dalam bukunya berjudul "Kiat-Kiat Syar'i hindari Riba" terbitan Rumah Fiqih Publishing menjelaskan, secara bahasa, kata riba (ربا) berarti ziyadah (زيادة) yaitu tambahan. Dikatakan dalam ungkapan Arab Sesuatu mengalami riba, maksudnya mengalami pertambahan.

Kadang kata riba juga disebutkan dengan lafadz yang berbeda, seperti rama' (رماء)sebagaimana perkataan Umar bin Al-Khattab : Aku takutkan dari kalian adalah rama' (maksudnya adalah riba)
Kadang juga digunakan istilah rubbiyah (ربية) sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Tidak ada lagi tuntutan atas riba ataupun darah.

Secara istilah, pengertian riba menurut mAzhab Syafi'i adalah Akad atas penggantian yang dikhususkan yang tidak diketahui kesetaraan dalam pandangan syariah pada saat akad atau dengan penundaan salah satu atau kedua harta yang dipertukarkan.

Riba termasuk satu dari tujuh dosa besar yang telah ditentukan Allah SWT. Pelakunya diperangi Allah di dalam Al-Quran, bahkan menjadi satusatunya pelaku dosa yang dimaklumatkan perang di dalam Al-Quran adalah mereka yang menjalankan riba. 

Pelakunya juga dilaknat oleh Rasulullah SAW. Mereka yang menghalalkan riba terancam dengan kekafiran, tetapi yang meyakini keharamannya namun sengaja tanpa tekanan menjalankanya termasuk orang fasik. 

Berikut Kumpulan Ayat Al Quran tentang Riba, Latin, Arti, Hadits:

1. Surat Al Baqarah ayat 275, Riba Haram Hukumnya

اَلَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبٰوا لَا يَقُوْمُوْنَ اِلَّا كَمَا يَقُوْمُ الَّذِيْ يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطٰنُ مِنَ الْمَسِّۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْٓا اِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبٰواۘ وَاَحَلَّ اللّٰهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰواۗ

Latin: Alladziina ya kuluuna ribaaa laa yaquumuuna illaa kamaa yaquumu ladzii yatakhabbathuhuu syaithoonu minal massi. Dzaalika biannahum qaaluuu innamal bay'u mitlsu ribaa wa ahallallahul baiy'a wa harroma ribaa. 

Artinya: Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. (QS. Al Baqarah: 275).

2. Surat Ali Imran ayat 130, Larangan Memakan Riba

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَأْكُلُوا الرِّبٰٓوا اَضْعَافًا مُّضٰعَفَةًۙ وَّاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَۚ

Latin: Yaaa ayyuhal ladziina aamanuuu laa ta'kulur ribaaaa adh'aafan mduo'afatan wat taqullaaha la'allakum tuflihuun.

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertaqwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. (QS. Ali Imran: 130).

3. Surat Al Baqarah ayat 276, Allah Memusnahkan Riba

يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ

Latin: Yamhaqullaahu ribaa wa yurbiya shodaqooti wallaahu laa yuhibbu kulla kaffaari atsiiim.

Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.

4. Surat Al Baqarah ayat 278, perintah meninggalkan Riba

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَذَرُوْا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبٰٓوا اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

Latin: Yaa ayyuhal ladziina aamanuut taqullaaha wa dzaruuu maa baqiya mina ribaaa in kuntum mu'miniiin. (QS. Al Baqarah: 278). 

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman.

5. Surat An Nisa ayat 161, Memakan Riba Siksanya pedih

وَّاَخْذِهِمُ الرِّبٰوا وَقَدْ نُهُوْا عَنْهُ وَاَكْلِهِمْ اَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِۗ وَاَعْتَدْنَا لِلْكٰفِرِيْنَ مِنْهُمْ عَذَابًا اَلِيْمًا
Latin: Wa akhdzihimu ribaaa waqad nuhuu 'anhu wa aklihim amwaala naasi bilbaathili wa a'tadnaa lilkaafirina minhum 'adzaaban aliima.

Artinya: Dan disebabkan mereka memakan riba, padahal sesungguhnya mereka telah melarang daripadanya, dan karena mereka memakan harta orang dengan jalan yang batil. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir di antara mereka itu siksa yang pedih. (Surat An Nisa: 161)

Hadits tentang Riba

Riba selain disebutkan dalam ayat Al Quran, juga banyak dijelaskan dalam hadits Nabi tentang larangan melakukan riba.

Berikut kumpulan hadits tentang riba:

1. Pemakan Riba Dilaknat Allah dan Rasul-Nya

عَنْ جَابِرٍ قَالَ لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا وَمُؤْكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ

Dari Jabir dia berkata, "Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melaknat pemakan riba, orang yang menyuruh makan riba, juru tulisnya dan saksi-saksinya." Dia berkata, "Mereka semua sama." (HR. Muslim) [ No. 1598 Syarh Shahih Muslim] Shahih.

2. Dosa Makan Riba Lebih Dahsyat dari 36 Perempuan Pezina

Dari Abdullah bin Hanzhalah ghasilul malaikah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Satu dirham uang riba yang dimakan oleh seseorang dalam keadaan sadar, jauh lebih dahsyah dari pada 36 wanita pezina. (HR. Ahmad).

3. Riba Masuk 7 Dosa Besar

Dari Abi Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Jauhilah oleh kalian tujuh hal yang mencelakakan". Para shahabat bertanya,"Apa saja ya Rasulallah?". "Syirik kepada Allah, sihir, membunuh nyawa yang diharamkan Allah kecuali dengan hak, makan riba, makan harta anak yatim, lari dari peperangan dan menuduh zina. (HR. Muttafaq alaihi)

4. Riba Punya 73 Pintu

عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الرِّبَا ثَلَاثَةٌ وَسَبْعُونَ بَابًا

Dari Masruq dari Abdullah dari Nabi shallallahu `alaihi wasallam, beliau bersabda: "Riba itu memiliki tujuh puluh tiga pintu." (HR. Ibnu Majah) [ No. 2275 Maktabatu Al Ma`arif Riyadh] Shahih.

5. Dosa Riba Diibaratkan seperti Menikahi Ibunya

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرِّبَا سَبْعُونَ حُوبًا أَيْسَرُهَا أَنْ يَنْكِحَ الرَّجُلُ أُمَّهُ

Dari Abu Hurairah ia berkata, "Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersabda: "Riba itu mempunyai tujuh puluh tingkatan, yang paling ringan adalah seperti seseorang yang menikah dengan ibunya." ( HR. Ibnu Majah) [ No. 2274 Maktabatu Al Ma`arif Riyadh] Shahih.

Itu tadi ayat Al Quran tentang riba, latin, artinya dan hadits yang perlu untuk dikaji dan diketahui muslim agar menjauhi dan menghindari perbuatan riba.

Wallahu A'lam


Editor : Kastolani Marzuki

BERITA TERKAIT