Ilustrasi (Freepik
puti aini yasmin

JAKARTA, iNews.id - Doa sebelum belajar bisa diamalkan agar diberi kemudahan dalam prosesnya. Berikut bacaan lengkap doa sebelum dan sesudah belajar.

Di masa pandemi, beberapa siswa sekolah masih mengikuti pembelajaran daring. Namun, doa sebelum belajar daring dan doa sebelum belajar di sekolah sama saja untuk diamalkan.

Apa Bacaan Doa Sebelum Belajar?

Dikutip dari buku 'Al-Ma'tsurat dan Doa-doa Pilihan' terbitan Qultum Media, doa sebelum belajar beserta artinya adalah sebagai berikut

  • Latin: Allaahumman Fa'nii Bimaa 'Allamtanii Wa 'Allimnii Maa Yanfa'unii Wa Zidnii 'Ilmaa, Alhamdulillahi 'Ala Kulli Haali, Wa A'uudzu Billahi Min Haali Ahlin Naar
  • Artinya: Ya Allah, berilah kemanfaatan, pada ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku dan ajarkanlah kepadaku akan ilmu yang dapat memberi manfaat kepadaku dan berikanlah tambahan ilmu pada diriku. Segala puji bagi Allah atas segala sesuatu, dan aku berlindung kepada Allah dari keadaan penghuni neraka.

Gimana Doa Setelah Belajar?

Berikut doa sesudah belajar yang dibaca oleh Umar bin Khattab dalam Kitab Ibnu Katsir dan Al Buhutiy dalam Kitab Syarah Muntaha al-Iradat.

  • Latin: Allahumma Arinal Haqqa Haqqaw Warzuqnat Tiba'ah, Wa Arinal Bathila Bathilaw Warzuqnajtinabah
  • Artinya: Ya Allah, tunjukanlah yang haq itu sebagai haq dan karuniakan lah kami kekuatan untuk mengikutinya. Dan tunjukanlah yang batil itu sebagai batil dan karuniakanlah kami kekuatan untuk menjauhinya.

Jangan lupa mengamalkan doa sebelum belajar dan sesudah belajar di atas ya.


Editor : Puti Aini Yasmin

BERITA TERKAIT