Gal Gadot (Foto: dok iNews.id)
Siska Permata Sari

JAKARTA, iNews.id - Aktris asal Israel, Gal Gadot tiba-tiba ramai diperbincangkan warganet di media sosial. Pasalnya, tepat satu hari sebelum Hari Raya Idul Fitri, dia mengunggah cuitan tentang konflik Israel-Palestina di media sosial Twitter pada Rabu, 12 Mei 2021. 

Dalam cuitannya itu, bintang Wonder Woman tersebut mengaku khawatir dengan kondisi keselamatan keluarganya di Israel.  

“Hatiku hancur. Negeriku sedang dalam perang. Aku khawatir dengan keluarga, teman-teman, dan masyarakat sana,” kata Gal Gadot seperti dikutip dari Twitternya, Kamis (13/5/2021). 

Di postingan itu, aktris sekaligus model 36 tahun ini mengatakan, bahwa Israel pantas hidup merdeka dan aman. Begitu juga dengan Palestina yang disebutnya sebagai ‘negara tetangga’. 

“Ini lingkaran setan yang berlangsung terlalu lama. Israel berhak hidup sebagai bangsa yang bebas dan aman. (Negara) tetangga kita juga berhak mendapatkan hal yang sama,” tulisnya lagi.  

“Aku berdoa untuk para korban dan keluarga mereka. Aku berdoa agar permusuhan ini segera berakhir. Aku berdoa bagi para pemimpin untuk menemukan solusinya agar kita bisa hidup berdampingan dengan damai,” kata bintang film ‘Wonder Woman 1984’. 

Cuitan kontroversial tersebut lantas mendapat ragam komentar dari netizen. Termasuk kritik lantaran Gal Gadot dianggap mendukung Israel dan menyebut Palestina dengan kata ‘negara tetangga’. 

Banyak netizen Indonesia pun telah melemparkan kritik untuk sang bintang. “Nasionalisme terhadap bangsa sendiri kadang bisa menutup kemanusiaan untuk bangsa lain,” kata netizen di Twitter. 

“Ironisnya, sampean nih memerankan tokoh pahlawan di dalam film, namun di dunia nyata...? Hal pertama yg harus Anda ingat adalah, you DO NOT have a country. That country you refers to, is a COLONY. You speak for a COLONIZERS. And to add up, there is no war, it's a GENOSIDE,” cuit netizen yang lain. 

“inilah bunda cantik doang tapi GA PUNYA EMPATI,” komentar yang lain.  

Namun, di antara kritikan, masih ada  beberapa netizen yang membelanya. “Im sorry to say about this, gue tau gue bukan orang yang cocok bahas ini. tapi ini kata kata yang baik, dia ingin kedamaian dari kedua pihak, dan menyelesaikan perang dengan cara yang lebih baik, supaya keduanya bisa hidup dengan damai. kenapa orang orang malah hujat dia?” tulis netizen. 

“Nggak heran lah dukung, dia aja lahirnya di Israel,” komentar yang lain. 

Tak hanya panen kritikan, cuitan itu juga membuatnya di-unfollow oleh rekannya, Brie Larson, di media sosial. Menurut laporan Jordan Thrilla, bintang Captain Marvel tersebut meng-unfollow Gal Gadot di Instagram gara-gara statement kontroversial tersebut.



Editor : Elvira Anna

BERITA TERKAIT