Koes Hendratmo Meninggal. (Foto: instagram)
Siska Permata Sari

JAKARTA, iNews.id - Kabar kepergian Koes Hendratmo untuk selama-lamanya, membuat banyak orang merasa kehilangan. Tidak hanya keluarga dan kerabat, tetapi juga para penggemar dan masyarakat Indonesia yang dulu sempat menikmati acara Berpacu Dalam Melodi.

Ya, sosok Koes Hendratmo sangat lekat dengan acara kuis musik yang telah menemani keluarga Indonesia sejak era 1980-an. Bagaimana tidak, pria kelahiran 9 Februari 1942 ini menjadi tuan rumah acara tersebut selama 20 tahun.

Sebelum menjadi presenter hits di acara Berpacu Dalam Melodi (BDM), Koes Hendratmo adalah seorang penyanyi profesional yang memulai kariernya di akhir era 1960-an. Namanya mulai melejit dan sangat terkenal usai membawakan acara BDM di pertengahan era 1980-an. 

Berkat kelihaiannya membawakan acara itu, Koes dipercaya sebagai model iklan untuk beberapa produk, salah satunya yang terkenal adalah iklan pasta gigi. Kariernya sebagai penyanyi profesional dan presenter tetap dia lakoni hingga usia senja. Dilihat dari media sosial Instagramnya, Koes terlihat aktif tampil menyanyi di acara pernikahan, menjadi MC, hingga menjadi bintang tamu.

Bahkan, sebelum meninggal dunia, Koes juga sibuk dalam organisasi PRISINDO (Performers Rights Society of Indonesia). Organisasi ini fokus memperjuangkan hak royalti para artis penyanyi dan pemusik Tanah Air.

“Saya adalah Ketua Umum PRISINDO (Performers' Rights Society of Indonesia) sjk tahun 2013 menggantikan mendiang mas Kris Biantoro. Bersama ke 6 teman2 anggota yg memiliki visi dan misi yg sama, kami (Koes Hendratmo, Tamam Hussein, Agus Rantung, Irwan Chaseiro, Rully Mangunsong, Didiek SSS, dan Ceasefiarto Kris Biantoro) mewujudkan hak para pemusik negeri ini,” kata Koes dikutip dari keterangan foto Instagramnya pada 2018 silam.

Kepergian Koes Hendratmo meninggalkan tiga orang anak, yaitu Anda Perdana, Bonita, Candisa. Selama hidupnya, Koes menikah sebanyak dua kali. Istri pertamanya adalah seorang penyanyi jazz, Herdawati Bakrie. 

Setelah bercerai dengan Herdawati, Koes menikah lagi dengan Aprilia Puspitawati. Koes dan Aprilia sudah menikah selama 14 tahun sebelum akhirnya dipisahkan oleh maut. Aprilia, diketahui telah berpulang lebih dulu pada Mei 2021 silam, sebelum akhirnya disusul oleh Koes pada 7 September 2021.


Editor : Elvira Anna

BERITA TERKAIT