ilustrasi teori konspirasi kiamat
Irma Rizqi Yani Solihah

JAKARTA, iNews.id - Teori konspirasi paling aneh di dunia selalu menyedot perhatian para pencari fakta yang ada di alam semesta ini. Bahkan, beberapa menjadi perdebatan antara pihak yang mempercayai dan tidak membuat kita ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi.

 Teori konspirasi adalah pendapat yang muncul dan sering menjadi pemisah antara orang yang percaya dan tidak. Hal seperti ini biasa muncul ketika ada sebuah peristiwa yang menggegerkan, kemudian  timbul opini yang bersifat pro-kontra.

Hal ini seperti misteri segitiga bermuda, di mana timbul sebuah teori bahwa terdapat lubang yang dapat menarik kapal, pesawat, atau benda apapun  yang melintasi area tersebut. Namun oleh para peneliti menyebutkan bahwa itu terjadi karena kesalahan manusia (Human Error). Lalu pendapat paling aneh di dunia ada apa saja? Mari kita bahas. 

6 Teori Konspirasi Paling Aneh di Dunia

  • 1. Bumi Berbentuk Donat

Selain adanya teori mengenai bumi itu datar atau flat earth, pendapat ini meyakini bahwa bumi tidak berbentuk bulat seperti pada umumnya. Di tahun 2012 muncul sebuah pemikiran baru yang menyatakan bahwa bumi itu berbentuk seperti donat.

Teori ini bermulai dari seorang penganut flat earth dengan panggilan Varuag. Menurutnya, bumi ini berbentuk seperti donat di mana lubang tengahnya tidak dapat dilihat oleh siapa pun dan ia pun berargumen bahwa cahaya yang yang berasal dari atmosfer bersifat seperti gelombang radio sehingga dapat naik turun. 

  • 2. Kiamat 2012

Teori paling aneh di dunia lainnya juga muncul pada tahun 2012. Teori ini menyebutkan bahwa kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012. Bahkan teori ini juga dibuat dalam karya film berjudul 2012 menggambarkan runtuhnya muka bumi.

Padahal opini tersebut bersumber dari penanggalan suku Maya yang dalam perhitungannya akan habis dalam masa itu. Namun yang hal ini ternyata tak terbukti karena sampai saat ini bumi masih ada dan hidup sebagaimana mestinya. 

  • 3. Berita Palsu Pendaratan di Bulan

NASA atau badan penerbangan dan antariksa Amerika Serikat mengirimkan astronot ke bulan tahun 1969. Selang satu tahun kemudian muncul pendapat bahwa peristiwa itu tidak pernah terjadi.

Hal itu pun menjadi teori konspirasi paling aneh di dunia. Sampai timbul beberapa bukti yang menguatkan opini tersebut, seperti penerbitan buku di tahun 1976 berjudul ‘We Never Went to The Moon : America's Thirty Billion Dollar Swindle’ dan beberapa film keluaran 1978 dan 2001. 

  • 4. Gedung Antartika Terlihat di Google Earth

Google Earth merupakan sebuah inovasi teknologi yang memudahkan manusia untuk dapat belajar tentang dunia melalui globe secara daring. Dahulu kita harus memutar bola dunia tersebut ketika di sekolah untuk melihat peta negara, sekarang dapat dilihat melalui aplikasi.

Dikutip dari laman Okezone, sebuah video yang diunggah melalui Youtube bernama MrMBB333 menunjukan sebuah gambar gedung di Antartika terlihat oleh Google Earth. Padahal Antartika terkenal dengan seluruh daratannya tertutup oleh salju dengan suhu yang sangat dingin dan jika dilogikakan tidak ada orang yang mau membangun di sana. 

  • 5. UFO dan Alien

Kemunculan Alien beserta pesawatnya UFO selalu menjadi perhatian khalayak ramai. Hingga muncul teori-teori yang mengungkapkan adanya mereka dan bahkan di Amerika terdapat sebuah penelitian khusus tentang mereka.

Pada 2 Juni diperingati sebagai hari makhluk asing ini sehingga berkembang argumen tentang mereka. Terdapat beberapa kemunculan Alien ini di berbagai negara, seperti Gunung Rainier di Washington tanggal 24 Juni 1947, 1951 di Lubbock Texas  dan Teheran Iran pada September 1976. 

Merebaknya pandemi di seluruh dunia menjadi bencana internasional yang belum dapat teratasi sampai hari ini. Bahkan semakin menunjukkan keganasan dengan munculnya berbagai varian, seperti Delta, sampai Omicron.

Ramainya kasus ini menyebabkan munculnya teori konspirasi paling aneh di dunia menyebutkan munculnya Covid-19 ini berhubungan dengan Jaringan yang akan diperbarui dari 4G menjadi 5G. Teori ini berpendapat bahwa gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh perangkat gawai kita dapat merusak imunitas tubuh dan menyebabkan kita terkena virus Corona sampai diterbitkan dalam jurnal Australia pada tahun 2021.

Dari sini timbul opini liar yang mengatakan bahwa vaksin yang disuntikan kepada masyarakat telah disisipi oleh chip yang dapat mengetahui pergerakan dan mengendalikan manusia. 

Itulah, teori konspirasi paling aneh di dunia, yang selalu menimbulkan perdebatan. Ada baiknya untuk memastikan terlebih dahulu kebenarannya dan jangan mudah terprovokasi dan membuat pertikain.


Editor : Puti Aini Yasmin

BERITA TERKAIT