Mahathir Mohamad (96). (Foto: ist)
Umaya Khusniah

KUALA LUMPUR, iNews.id - Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad (96) telah dipindahkan dari unit perawatan koroner di National Heart Institute. Kini dia sudah menjalani perawatan ke bangsal biasa. 

"Dia ceria dan bersemangat untuk pulih sepenuhnya," kata putrinya, Marina Mahathir, Rabu (26/1/2022).

Dia dan keluarga meminta agar masyarakat tak terlalu khawatir dengan kesehatan Mahathir.

Mahathir akan terus mendapat perawatan di IJN di bawah pengawasan pakar setempat. Saat ini, tim medis belum mengizinkan Mahathir dijenuk selain dari keluarga terdekat.

Sementara itu, banyak orang menggelar doa bersama dan membacakan Surah Yasin, termasuk yang dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Annuar Musa, di Masjid Muhammadi Angkasapuri, Kuala Lumpur, Senin (24/1/2022).

Mahathir kembali dirawat di rumah sakit pada Sabtu (22/1/2022). Dia dilaporkan berada di unit perawatan koroner (CCU) Institut Jantung Nasional Malaysia (IJN).

Belum lama ini, pria berusia 96 tahun itu juga baru keluar dari IJN pada 13 Januari lalu. Saat itu, dia menjalani perawatan tepatnya sejak 7 Januari dan menjalani prosedur elektif sehari setelahnya.

Selain itu, pada Desember tahun lalu, Mahathir juga dilarikan ke rumah sakit. Saat itu, dia menjalani pemeriksaan dan serangkaian observasi medis dan keluar rumah sakit sepekan setelahnya.

Dr Mahathir telah menjabat hampir 24 tahun secara total sebagai perdana menteri Malaysia selama dua periode terpisah. Dia memimpin pemerintahan Barisan Nasional dan Pakatan Harapan (PH).

Dia memiliki riwayat penyakit jantung dan telah mengalami tiga kali serangan jantung. Pertama pada 1989 dan dua lainnya pada 2006. Dia juga telah menjalani operasi bypass sebanyak empat kali.

Hingga saat ini, Mahathir masih aktif dalam politik, memimpin partai oposisi, Parti Pejuang Tanah Air. Dia pun menjabat sebagai anggota parlemen untuk daerah pemilihan Langkawi di Kedah.


Editor : Umaya Khusniah

BERITA TERKAIT