Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Moderna Inc (ilustrasi). (Foto: Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

WASHINGTON DC, iNews.id – Pemerintah AS kembali akan mengirimkan 3 juta dosis vaksin Covid buatan Moderna Inc Vietnam pada Kamis (22/7/2021). Dengan begitu, total vaksin corona yang disumbangkan Washington DC ke negara Asia Tenggara itu menjadi 5 juta dosis. 

Rencana pengiriman itu diungkapkan oleh seorang pejabat Gedung Putih kepada Reuters. “Kami akan terus melakukan semua yang kami bisa untuk membangun dunia yang lebih aman dan selamat dari ancaman penyakit menular,” kata pejabat itu.

Menurut jadwal, 3 juta dosis tambahan vaksin itu akan tiba di Vietnam akhir pekan ini, di saat negara itu sedang berjuang memerangi wabah virus corona terburuknya.

Sejak awal pandemi tahun lalu, Vietnam sebenarnya terbilang sukses menahan laju penularan Covid di dalam negeri. Akan tetapi anggota ASEAN itu kini mengalami lonjakan harian infeksi corona ke tingkat tertinggi. 

Kementerian Kesehatan Vietnam melaporkan 5.357 kasus baru Covid pada Rabu (21/7/2021) kemarin, naik dari 4.795 kasus baru pada Selasa (20/7/2021). Sampai sejauh ini, Vietnam telah mencatat total 68.177 kejadian infeksi dan 370 kematian akibat wabah corona.

Pengiriman 3 juta dosis vaksin Moderna ke Vietnam kali ini adalah bagian dari janji awal Presiden AS Joe Biden untuk menyumbangkan 80 juta dosis vaksin ke negara-negara di seluruh dunia.

Washington DC juga meminjamkan 500 juta vaksin Pfizer-BioNTech untuk didistribusikan ke Uni Afrika dan 92 negara miskin dan ekonomi menengah ke bawah.


Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT