Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman. (Foto: SPA)
Anton Suhartono, Ahmad Islamy Jamil

RIYADH, iNews.id – Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman, menerima panggilan telepon dari Presiden Prancis, Emmanuel Macron, Sabtu (16/1/2021). Dalam kesempatan tersebut, keduanya membahas hubungan bilateral.

“Mereka meninjau hubungan antara kedua negara dan peluang kerja sama bersama. Mereka juga membahas perkembangan regional dan internasional, serta sejumlah masalah kepentingan bersama,” demikian bunyi pernyataan yang dirilis Saudi Press Agency, akhir pekan ini.

Selain dengan Saudi, Macron sebelumnya juga berkomunikasi dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Keduanya berkirim surat dan sepakat melanjutkan pembicaraan guna memperbaiki hubungan yang terganggu akibat beberapa isu.

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu mengatakan, Erdogan mengirim pesan Tahun Baru kepada Macron yang menyatakan belasungkawa atas beberapa serangan di Prancis tahun lalu.

Macron lalu membalas surat tersebut yang isinya disebut Cavusoglu sangat positif, dimulai dengan ucapan “Dear Tayyip”. Dia juga mengatakan terbuka untuk bertemu dengan Erdogan.

Kepresidenan Prancis juga mengonfirmasi saling berkirim surat antara Erdogan dan Macron, namun tidak menjelaskan isinya secara perinci.

Kedua negara berselisih pada tahun lalu terkait sejumlah isu internasional, seperti konflik di Suriah, Libya, perang Azerbaijan dan Armenia, sengketa wilayah Laut Mediterania dengan Yunani, serta kartun Nabi Muhammad SAW.

Ketegangan diplomatik kedua negara juga disertai perseteruan pribadi antara Macron dengan Erdogan.



Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT