Pemimpin Republik Chechnya, Ramzan Kadyrov. (Foto: Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

MOSKOW, iNews.id – Pemimpin Republik Chechnya, Ramzan Kadyrov, mendapat anugerah pangkat letnan jenderal militer dari Rusia. Hal itu diungkapkan oleh satu sumber militer Rusia kepada kantor berita Sputnik, hari ini.

“Ramzan Kadyrov dianugerahi pangkat militer letnan jenderal,” kata sumber itu, Selasa (5/4/2022).

Unit tentara Chechnya mengambil bagian dalam operasi militer Rusia di Ukraina, yang dimulai pada 24 Februari. Kadyrov bahkan mengklaim dia ikut mendatangi Ukraina bersama para anak buahnya, saat operasi tersebut berlangsung.

Ketua Parlemen Chechnya, Magomed Daudov, pada 28 Maret lalu mengungkapkan di media sosial bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin memberi Kadyrov pangkat letnan jenderal. 

Pada hari yang sama, Menteri Informasi Chechnya, Ahmed Dudaev, mengatakan bahwa Kadyrov secara pribadi berada di Kota Mariupol untuk menyemangati dan memberikan dukungan moral kepada para pejuang Chechnya. Dia juga ambil bagian dalam menyesuaikan strategi untuk tindakan militer selanjutnya di Ukraina.

Pada Selasa (4/4/2022) kemarin, Kadyrov mengatakan, demiliterisasi, denazifikasi, dan “desetanisasi” Ukraina cukup berhasil. Menurut dia, sebagian besar peralatan militer, artileri, dan pasukan musuh telah dihancurkan.

Untuk sekadar diketahui, “desetanisasi” atau deshaitanization adalah istilah baru yang diperkenalkan Kadyrov, yang berarti “membasmi setan-setan”.



Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT