Pesawat tempur Rusia menyerang sebuah rumah di barat laut Suriah dekat perbatasan Turki. (Foto: AP Photo)
Umaya Khusniah

BEIRUT, iNews.id - Sebuah pesawat tempur Rusia menyerang sebuah rumah di barat laut Suriah dekat perbatasan Turki. Serangan itu menewaskan tujuh warga sipil, termasuk empat anak-anak.

Sebuah kelompok pemantau hak asasi, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, serangan itu terjadi pada Jumat (22/7/2022). Relawan Pertahanan Sipil Suriah pun bergegas ke rumah untuk memindahkan mayat-mayat di bawah puing-puing.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia dan media oposisi Orient TV mengatakan, serangan udara di Kota Jisr al-Shoghour Idlib dilakukan oleh pesawat tempur Rusia. Selain itu ada juga empat serangan udara Rusia lainnya di sebuah kota di utara.

Wilayah barat laut Suriah merupakan kantong pemberontak terakhir negara itu. Provinsi Idlib berada di bawah kendali Hayat Tahrir al-Sham, sebuah kelompok yang terkait dengan al-Qaeda. Sementara Provinsi Aleppo di utara berada di bawah kendali kelompok pemberontak yang didukung Turki.

Lebih dari 90 persen penduduk di daerah itu hidup dalam kemiskinan ekstrem. Hidup mereka bergantung pada bantuan kemanusiaan.

Pemerintah Suriah di Damaskus bersama sekutu utamanya Rusia, sering melancarkan serangan udara di daerah tersebut. 

Turki telah memperingatkan akan meluncurkan operasi militer baru yang menargetkan Pasukan Demokratik Suriah yang didukung AS di barat laut Suriah. Turki mengatakan pasukan pimpinan Kurdi menimbulkan ancaman keamanan dan menganggap mereka sebagai kelompok teroris.


Editor : Umaya Khusniah

BERITA TERKAIT