Ketua DPR Rusia, Vyacheslav Volodin. (Foto: Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

MOSKOW, iNews.id – Anggota parlemen paling senior Rusia, Vyacheslav Volodin, menuduh Amerika Serikat mengoordinasikan operasi militer di Ukraina. Menurut dia, hal itu sama saja dengan keterlibatan langsung AS dalam aksi militer melawan Rusia.

"Washington (AS) pada dasarnya mengoordinasikan dan mengembangkan operasi militer (di Ukraina), sehingga secara langsung berpartisipasi dalam aksi militer melawan negara kita,” tulis Volodin di saluran Telegram miliknya, Sabtu (7/5/2022).

Amerika Serikat dan negara-negara Eropa anggota NATO memang memasok Ukraina dengan beragam senjata berat untuk membantu Kiev melawan Moskow. Akan tetapi, Amerika Serikat dan para sekutu NATO-nya itu telah berulang kali mengklaim bahwa mereka tidak akan ambil bagian dalam pertempuran itu sendiri, demi menghindari menjadi pihak dalam konflik.

Para pejabat AS mengatakan, Washington DC telah memberikan bantuan intelijen ke Ukraina untuk melawan serangan Rusia. Akan tetapi, mereka membantah bahwa intelijen tersebut juga mencakup data penargetan orang-orang atau objek tertentu secara tepat dan akurat.

Volodin, yang saat ini menjabat ketua Duma Negara (DPR) Rusia, termasuk pendukung utama agresi militer Moskow di Ukraina. Para pejabat Rusia menyebut agresi itu sebagai operasi khusus untuk menurunkan kemampuan militer Kiev dan membasmi elemen-elemen fasis yang memegang kekuasaan di negara tetangganya itu.

Volodin mengatakan, para penasihat asing sudah bekerja di Ukraina sejak terpilihnya Volodymyr Zelensky sebagai presiden negara bekas Uni Soviet itu pada 2019.


Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT