Ilustrasi Densus 88 Anti-Teror. 4 anggota JI asal Jateng ditangkap (foto: ist)
Puteranegara Batubara

JAKARTA, iNews.id - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap empat terduga teroris kelompok Jamaah Islamiah (JI) di wilayah Jawa Tengah (Jateng). Mereka yakni, RAB, AJ, N dan M.

"Penegakan hukum tersebut merupakan pengembangan dari penangkapan para tersangka anggota kelompok lainnya," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Jakarta, Senin (14/2/2022).

Ramadhan memaparkan peran dari masing-masing terduga teroris tersebut. Untuk N, dalam hal ini adalah anggota JI dan telah bermuahadah atau sumpah setia pada tahun 2017
 
N merupakan peserta Sasana Satria Mas Purwodadi kelompok 1 angkatan ke 7 tahun 2018. Mengikuti latihan beladiri Wushu di Grobogan bersama dengan anggota JI dipimpin oleh K (telah ditangkap).

"Aktif mengikuti kajian umum dan kajin khusus Jamaah Islamiah di Srondol," ujar Ramadhan. 

Kemudian, RAB anggota JI dan telah bermuahadah pada tahun 2013. Dia mengikuti seleksi penguatan fisik di tumah fitnes daerah Yogta pada bulan September tahun 2012. 

"Ran mengikuti pelaksanaan program selanjutnya dibawah kendali JP.  Merupakan peserta sasana angkatan kedua tahun 2013 bersama dgn A (telah ditangkap), M (ditangkap)," ucap Ramadhan. 

Lalu, AJ anggota Jamah Islamiah telah bermuahadah sejak tahun 2013. Ia mengikuti seleksi anggota Jamaah Islamiyah di Kaliurang Yogyakarta pada bulan November 2012. 

"Merupakan peserta pelatihan di Sasana Satria Muda Ambarawa angkatan kedua pada awal tahun 2013 bersama dengan R (tangkap) M (tangkap)," tutur Ramadhan. 

Sedangkan, M anggota JI Qoid Takwiyah dibawah T (tangkap) dan BY (tangkap) yang telah bermuahaadah pada sekitar tahun 2000. Iaerupakan alumni Moro Filipina angkatan kedua.

"Merupakan Pelatih pada Tadrib Asykari tahun 2011 di Kolaka Utara Sultra bersama dengan S (ditangkap). Berangkat ke Suriah tabun 2013 melakukan pelatihan sebagai kloter pertama dari Bidang Toliah atas perintah B," tutur Ramadhan.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq

BERITA TERKAIT