Presiden Jokowi tiba di Amerika Serikat tidak disambut pejabat tinggi AS. (dok: Setpres)
Tika Vidya Utami

JAKARTA, iNews.id – Letak Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur dinilai mempunyai risiko terhadap ancaman pertahanan. Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto ketika webinar “IKN dalam Dinamika Keamanan Regional dan Refleksi Identitas Global Indonesia,” Kamis (12/5/2022). 

Hasil penelitian mengungkapkan, ada kecenderungan labil terhadap perang yang melibatkan IKN. Berita terpopuler lainnya adalah ramai kabar Jokowi tak disambut pejabat tinggi AS di Washington. 

Berikut  rangkuman berita terpopuler pada Jumat (13/5/2022):

1. Gubernur Lemhannas Sebut Lokasi IKN Nusantara Rentan Ancaman Pertahanan

Letak Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur dinilai mempunyai risiko terhadap ancaman pertahanan. Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto ketika webinar “IKN dalam Dinamika Keamanan Regional dan Refleksi Identitas Global Indonesia,” Kamis (12/5/2022). 

Hasil penelitian mengungkapkan, ada kecenderungan labil terhadap perang yang melibatkan IKN. Apabila melihat dari geografisnya, sangat mungkin terjadi perang di IKN. 
Kecenderungan perang di ibu kota itu terjadi pada ibu kota negara yang letaknya sangat dekat dengan perbatasan-perbatasan darat, sangat dekat dengan pelabuhan. Semakin dekat dengan pelabuhan utama, semakin dekat dengan perbatasan, maka kecenderungan perang ibu kotanya semakin meningkat. 

Apabila nanti di Nusantara, kecenderungan meningkatnya karena mendekati perbatasan darat. Lalu pelabuhan terdekat yang terbesar adalah Makassar dan Morowali. 

Tantangan yang di hadapi, lokasi Nusantara berada di radius serangan rudal hipersonik dari negara besar. Nusantara juga relatif mempunyai jarak yang cukup dekat dengan pangkalan militer negara besar. 

2. Ramai Kabar Jokowi Tak Disambut Pejabat Tinggi AS di Washington

Ramai kabar perihal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak disambut oleh pejabat tinggi Amerika Serikat (AS) ketika tiba di Wahington DC, Selasa (11/5/2022) malam waktu setempat. Mengenai hal tersebut, Jubir Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah buka suara. 

Menurutnya, kunjungan Jokowi ke Washington DC ini adalah untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi dalam ASEAN-US Special Summit. Seluruh kepala negara yang hadir diberikan penyambutan yang sama oleh AS. 

Teuku juga mengatakan, masyarakat harus bisa membedakan antara penyambutan kunjungan kenegaraan, kunjungan resmi dan kunjungan kerja. Kunjungan Jokowi ke Washington termasuk dalam kunjungan kerja untuk menghadiri kegiatan ASEAN. 

Penyambutan seperti itu pun dilakukan Indonesia ketika menyambut kepala negara dalam KTT ASEAN di Jakarta. Jokowi bersama kepala negara lainnya akan dijadwalkan menghadiri pertemuan KTT khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit selama dua hari. Kunjungan kerja tersebut berlangsung dari 11-13 Mei 2022.

3. Arti Kode Rahasia Tangan Pebulu Tangkis Sebelum Servis

Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang paling dicintai masyarakat Indonesia. Hal ini karena banyak prestasi membanggakan yang diraih untuk tanah air. 

Pecinta bulu tangkis pasti kerap melihat pebulu tangkis mengeluarkan kode tangan setiap ingin melakukan servis. Biasanya kode rahasia ini muncul di pertandingan ganda.

Ternyata, kode tersebut adalah trik pemain untuk membangun komunikasi dengan rekannya. Dengan demikian, pasangan bisa mengetahui jenis servis apa yang dilakukan. 

Kode ini sifatnya tak mutlak atau setiap pemain mempunyai keputusan kode masing-masing dan berbeda-beda satu sama lain.

4. Arhan Belum Debut di Liga Jepang

Direktur Olahraga Tokyo Verdy, Atsuhiko Ejiri angkat suara soal kemampuan pemain barunya asal Indonesia, Pratama Arhan. Ia menyebut Arhan masih punya kelemahan dasar yang harus segera diperbaiki. 

Saat ini, Arhan sedang berjuang menembus skuad utama Tokyo Verdy untuk berlaga di JLeague 2. Namun, nama Arhan selalu tak masuk dalam skuad Tokyo Verdy di beberapa pertandingan terakhir. 

Padahal Arhan didatangkan Verdy sejak Februari lalu. Arhan tiba di Jepang pada Maret 2022. Sayang, Arhan belum dapat kesempatan bermain di laga resmi Tokyo Verdy hingga kini. 

Ternyata, Atsuhiko Ejiri masih belum puas dengan permainan Arhan. Ia menilai Arhan harus memperbaiki koordinasi cara bertahan. Ejiri berjanji Tokyo Verdy akan membantu memoles Arhan.

5. Hotel Donald Trump di Washington DC Terjual Rp5,5 Triliun

Presiden ke-45 Amerika Serikat Donald Trump menjual hotelnya yang terletak di Washington DC sebesar 375 juta dolar AS atau sekitar Rp5,5 triliun. Hotel 23 kamar yang berdiri di Pennsylvania Avenue itu berpindah tangan kepada CGI Merchant Group yang berbasis di Miami, Florida. 

Menurut laporan, CGI Merchant Group akan mengubahnya menjadi Hotel Waldorf Astoria. Diketahui, Trump membeli gedung itu pada 2016 atau beberapa pekan sebelum kemenangannya dalam Pilpres AS. 

Ketika itu ia membelinya sekitar 200 juta dolar AS. Bangunan yang sangat terkenal di Washington DC itu dulunya adalah Paviliun Kantor Pos. 


Editor : Faieq Hidayat

BERITA TERKAIT