Prang terkaya Rusia, Vladimir Potanin ingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin: jika pemerintah sita aset perusahaan asing maka Rusia akan kembali ke 1917. Foto: Rusia
Tika Vidya Utami

JAKARTA, iNews.id –  Pengusaha terkaya Rusia telah memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin supaya tidak menyita aset perusahaan asing yang hengkang dari Rusia setelah negara itu menginvasi Ukraina. Hal  tersebut dinilai akan membawa negara itu mundur lebih dari 100 tahun. Presiden raksasa logam Norilsk Nickel Vladimir 

Potanin mengatakan, Rusia berisiko kembali ke hari-hari penuh gejolak seperti saat revolusi 1917 apabila menyita aset perusahaan dan investor Barat. Berita terpopuler lainnya adalah Anies Baswedan hadiri acara kemah Jokowi di IKN Nusantara. 

Berikut  rangkuman berita terpopuler pada Senin (14/3/2022):

1. Pengusaha Terkaya Rusia ke Putin: Sita Aset Perusahaan Asing Bawa Kita Kembali ke 1917

Pengusaha terkaya Rusia telah memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin supaya tidak menyita aset perusahaan asing yang hengkang dari Rusia setelah negara itu menginvasi Ukraina. Hal  tersebut dinilai akan membawa negara itu mundur lebih dari 100 tahun. 

Presiden raksasa logam Norilsk Nickel Vladimir Potanin mengatakan, Rusia berisiko kembali ke hari-hari penuh gejolak seperti saat revolusi 1917 apabila menyita aset perusahaan dan investor Barat. 

Diketahui, Potanin adalah miliarder terkaya Rusia. Menurut Bloomberg, kekayaannya mencapai 22,5 miliar dolar AS atau Rp321,7 triliun, meskipun kehilangan sekitar seperempat kekayaannya tahun ini karena sahamnya jatuh. Saham perusahaan kehilangan lebih dari 90 persen di perdagangan London sebelum dihentikan bulan ini, meskipun harga komoditasnya melonjak. 

Norilsk Nickel adalah produsen paladium dan nikel bermutu tinggi terbesar di dunia, serta produsen utama platinum dan tembaga. Perusahaan serta produknya lolos dari sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat yang telah menghantam ekonomi Rusia. 

Selain itu, banyak perusahaan Amerika, Eropa, dan Jepang telah meninggalkan usaha patungan, pabrik, toko, kantor, dan aset lainnya dalam dua minggu terakhir sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

2. Angelina Sondakh Marah Lantaran Ayam Kesayangannya Mati

Saat ini, Angelina Sondakh sedang marah dengan kelakuan asistennya. Pasalnya ayam kesayangannya yang bernama Indi tiba-tiba mati usai diberi makanan. 

Hal itu sempat membuat Angie meluapkan amarah dan kekesalannya kepada para krunya tersebut. Mengetahui kalau ayam kesayangannya tiba-tiba mati tanpa adanya penyebab secara pasti, Angelina panik. Dia langsung menelepon salah seorang krunya yang bernama Bella Bryan. 

Angie pun merasa kecewa dengan perawatan krunya tersebut. Tak hanya itu, Angie juga minta beberapa ayam kesayangannya dibawa ke kediamannya. 

Ia ingin mengurus sendiri ayam-ayam itu. Angie pun mengaku tak lagi mempercayakan perawatan dari krunya tersebut.

3. Profil Maria Vania, Presenter Seksi Diduga Punya Hubungan Spesial dengan Billy Syahputra

Maria Vania sempat dikabarkan menjalin asmara dengan Billy Syahputra. Sebelum dikabarkan dekat dengan Billy, namanya telah dikenal sebagai presenter acara-acara TV, aktris, sekaligus model di dunia hiburan Tanah Air. 

Maria Vania mempunyai paras yang menawan serta bentuk tubuh dambaan para perempuan, membuat nama Maria Vania jadi sorotan. Maria Vania lahir di Bandung, 16 April 1991. 
Ia memulai debut sebagai presenter acara sepak bola di salah satu stasiun TV swasta nasional pada 2013. Sebelumnya, ia telah berkali-kali menjuarai kontes modelling di Jakarta maupun Bandung. 

Ia bahkan pernah menjadi juara 1 pada ajang modelling yang digelar oleh Aneka Yess. Tak puas hanya menjadi presenter, Maria Vania juga telah membintangi berbagai judul sinetron, seperti Cinta Fitri hingga Islam KTP. Wajahnya sering menghiasi layar kaca sebagai pemeran dalam berbagai judul FTV. 

Saat ini, Maria Vania kerap membagikan aktivitasnya dan berbagai tips menjaga bentuk tubuh ideal di media sosial miliknya. 

4. Belasan Rudal Balistik Hujani Irak

Belasan rudal balistik menghantam Irak. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam serangan tersebut. Serangan rudal menghantam wilayah Erbil, Irak, Minggu (13/3/2022). 

Diketahui, rudal ditembakkan dari luar wilayah Irak. Warga Erbil memposting video online yang menunjukkan beberapa ledakan besar serta beberapa mengatakan ledakan itu mengguncang rumah mereka. 

Namun, Reuters tidak dapat memverifikasi video tersebut secara independen. Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS menyebutnya sebagai 'serangan keterlaluan'. 
Tidak ada warga Amerika yang terluka dan tidak ada kerusakan pada fasilitas pemerintah AS di Erbil. Pernyataan pasukan kontra-terorisme wilayah Kurdistan yang dikutip TV pemerintah Irak mengatakan, 12 rudal yang diluncurkan dari luar Irak menghantam Erbil. 

Tidak segera jelas di mana mereka mendarat. Pejabat AS menyalahkan perang ini pada kelompok milisi yang bersekutu dengan Iran. 

Terakhir kali, rudal balistik diarahkan ke pasukan AS pada Januari 2020. Serangan itu diklaim merupakan pembalasan Iran atas pembunuhan komandan militernya, Qassem Soleimani di bandara Baghdad yang dilakukan AS.

5. Anies Baswedan Hadiri Acara Kemah Jokowi di IKN Nusantara

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Sebagaimana Gubernur lainnya, Anies juga akan menghadiri acara kemah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin (14/3/2022). 

Anies tiba di Balikpapan pukul 17.22 WITA. Kedatangannya disambut sejumlah kepala dinas Pemprov Kaltim. 

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang 34 gubernur pada acara kemah di Titik Nol IKN Nusantara. Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Provinsi Kaltim Faisal berharap bahwa para Gubernur yang hadir memakai pakaian adat daerah masing-masing. 

Selain itu juga membawa air dan tanah dari lokasi yang bersejarah atau adat budaya di wilayahnya masing-masing. 

Air dan tanah dari seluruh wilayah di Indonesia itu nantinya akan digabungkan di satu titik di IKN Nusantara dalam prosesi Gentong Nusantara. Kegiatan ini sebagai simbolis bahwa IKN Nusantara merupakan refleksi dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia dan bukan hanya Kalimantan Timur semata.


Editor : Faieq Hidayat

BERITA TERKAIT