India melanjutkan pembelian sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia. (Foto: Reuters)
Tika Vidya Utami

JAKARTA, iNews.id - Ancaman Amerika Serikat (AS) tidak digubris oleh India. Diketahui, India telah menerima kiriman rudal sistem pertahanan S-400 dari Rusia

Pengiriman senjata tersebut berlangsung di tengah desakan AS supaya India menghentikan kerja sama dengan Rusia terkait invasi ke Ukraina.  Kontrak pembelian rudal S-400 ini sudah terjalin sebelum invasi ke Ukraina. 

Berita terpopuler lainnya adalah Istana yakin lonjakan Covid-19 usai Lebaran bisa diredam. 

Berikut  rangkuman berita terpopuler pada Kamis (21/4/2022):

1. India Tetap Terima Kiriman Rudal S-400 dari Rusia

Ancaman Amerika Serikat (AS) tidak digubris oleh India. Diketahui, India telah menerima kiriman rudal sistem pertahanan S-400 dari Rusia. Pengiriman senjata tersebut berlangsung di tengah desakan AS supaya India menghentikan kerja sama dengan Rusia terkait invasi ke Ukraina.  Kontrak pembelian rudal S-400 ini sudah terjalin sebelum invasi ke Ukraina. 

Ketika itu, AS juga mengancam akan menjatuhkan sanksi ke India apabila melanjutkan pembelian. Namun acaman tersebut tak membuat takut India. 

Mereka menegaskan, pengiriman rudal pertahanan udara S-400 akan tetap berlanjt meski ada desakan dari AS dan negara Barat. Pembelian rudal S-400 bertentangan dengan UU Countering American Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA) 2017. 

UU ini disahkan sebagai respons atas tuduhan campur tangan Rusia dalam pilpres AS 2016. Rusia merupakan pemasok utama persenjataan untuk militer India. Saat ini, India masih mendatangkan berbagai persenjataan dan peralatan, termasuk suku cadang. Sementara itu, pejabat Rusia menegaskan pengiriman dari kesepakatan militer dengan India akan terus berlanjut terlepas dari tekanan AS. 

2. Megawati Mengaku Malu Jadi Ketum Partai Terlama tapi Diberi Banyak Jabatan oleh Jokowi

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri angkat suara mengenai sejumlah jabatan yang masih diembannya saat ini. Hal tersebut disampaikannya dalam acara Kick Off & Talkshow Pembentukan BRIDA, Setahun BRINteraksi secara daring, Rabu (20/4/2022). 

Tak hanya menjabat sebagai  ketua umum paling lama, Presiden Joko Widodo memang memberinya sejumlah jabatan di pemerintahan, termasuk Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

Mega mengaku sudah menyampaikan kepada Jokowi bahwa dirinya sudah berumur dan malu karena sudah menjadi ketua umum partai terlama. Ia juga sudah berpikir kapan akan berhenti. 

Mega meminta Jokowi untuk tidak menambah jabatan untuknya atau cukup menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) saja lantaran ia paham soal Pancasila. Namun, Jokowi memintanya untuk terus jalan.

3  Sopir Mobil Boks Tewas Dikeroyok di Kiaracondong Bandung. 

Sopir mobil boks berinisial AC ini alami nasib malang. Korban AC tewas akibat dianiaya tiga orang, AN, DS, HC yang dipicu oleh kecelakaan lalu lintas di Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. 

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung mengatakan, peristiwa tragis yang dialami AC sopir mobil boks terjadi di Babakansari, Kecamatan Kiaracondong pada 24 Maret 2022 sekitar pukul 02.00 WIB. Awalnya korban yang mengendarai mobil boks menabrak pelaku. Setelah terjadi kecelakaan, tiba-tiba korban dipukuli oleh para pelaku yang mengendarai roda dua menggunakan botol ke kepala dan badan. 

Empat hari dirawat di RS, korban meninggal dunia. Setelah kejadian, para pelaku melarikan diri. Namun, petugas Unit Reskrim Polsek Kiaracondong berhasil menangkap DS, satu dari tiga pelaku penganiayaan itu. Sedangkan tersangka HC dan AN buron. Barang bukti satu mobil boks dan dua unit kendaraan roda dua sudah disita.

4.Stasiun TV Laporkan Pasukan China Serang Taiwan, padahal Tidak


Pada Rabu (2/4/2022) stasiun televisi Taiwan meminta maaf setelah secara keliru melaporkan serangan China di Taipei. Media yang didukung pemerintah Taiwan ini meminta agar masyarakat tidak panik. 

Kesalahan laporan oleh Chinese Television System terjadi di tengah ketegangan militer Taipei dan Beijing. Selama siaran berita langsung pada Rabu pagi waktu setempat, stasiun televisi ini secara keliru menunjukkan peringatan pada news ticker (baris berita di bagian bawah layar) tentang kapal militer dan infrastruktur penting di dekat Taipei yang terkena rudal Beijing. 

Peringatan itu juga memuat pesan-pesan seperti perang bisa pecah; sebuah stasiun kereta api utama di Taipei dibakar oleh agen-agen China dan; presiden Taiwan menyatakan keadaan darurat. Peringatan itu dimaksudkan untuk latihan dengan Pemadam Kebakaran di New Taipei City pada Selasa (19/4/2022). 

Akan tetapi, teks itu secara keliru ditampilkan pada Rabu pagi karena kesalahan teknis. China belakangan ini semakin menunjukkan penggunaan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya. Beijing telah meningkatkan kegiatan militer di dekat negara pulau itu dalam dua tahun terakhir. Sedangkan Taiwan juga meningkatkan kesiagaannya sejak Rusia menyerang Ukraina.


5. Istana Yakin Lonjakan Covid-19 usai Lebaran Bisa Diredam

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Abraham Wirotomo meyakini risiko lonjakan kasus Covid-19 setelah  mudik Lebaran 2022 bisa diredam. Alasannya 99,2 persen masyarakat sudah memiliki antibodi Covid-19. 

Namun, Abraham tetap mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai gejala-gejala Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Terlebih, jika di daerah tujuan mudik masih ada lansia yang belum divaksin. 

Berdasar hasil Sero Survei Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan, antibodi Covid-19 masyarakat Indonesia sudah mencapai 99,2 persen. Baik itu antibodi yang berasal dari vaksinasi maupun infeksi. Survei yang dilakukan pada Maret 2022 ini juga menunjukkan, titer antibodi sudah ribuan yakni 7.000 sampai 8.000.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq

BERITA TERKAIT