kendaraan menuju dermaga ekskutif Pelabuhan Bakauheni dipadati kendaraan. (Foto: Antara/Dian Hadiyatna)
Tino Satrio

CILEGON, iNews.id - Arus balik di Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak sudah mengalami lonjakan pemudik. Berikut datanya mulai dari hari ketiga Lebaran. 

Berdasarkan data, lonjakan pemudik di arus balik sudah terjadi sejak H+2 atau tepatnya 5-6 Mei kemarin. Dari data yang didapat, penumpang yang ingin menyebrang dari Bakauheni menuju Merak mengalami peningkatan hingga 2-3 kali lipat.

Pada 5 Mei, data menunjukkan kenaikan jumlah sebanyak 111.124 penumpang. Kemudian, lonjakan selanjutnya terjadi sehari setelahnya di mana pemudik terhitung sebanyak 142.377 orang.

Namun, jumlah ini lebih sedikit ketimbang H-3 Lebaran. Kala itu pemudik dari Pulau Jawa yang menyebrang ke Bakauheni tercatatat sebesar 155.182 penumpang. Puncaknya terjadi pada H-2, yang menyentuh angka tertinggi 165.037.

Sementara itu, lonjakan arus balik ini tidak sampai menyebabkan kepadatan di Pelabuhan Merak dan Gerbang Tol (GT) Merak-Jakarta. Terpantau pada siang hari ini, situasi pelabuhan masih cukup renggang, walaupun kepadatan di area dermaga kerap kali terlihat karena menunggu bongkar muat kapal.


Editor : Puti Aini Yasmin

BERITA TERKAIT