Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bersilaturahmi dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubowno X di Keraton Yogyakarta, Sabtu (7/5/2022). (Foto: Instagram @prabowo)
Nur Khabibi

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bertandang ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan bertemu Gubernur Sri Sultan Hamengkubowno X, Sabtu (7/5/2022). Dalam kunjungannya, Prabowo disambut langsung oleh Sri Sultan dan istrinya, GKR Hemas di Keraton Yogyakarta.

"Selamat datang Pak Prabowo, mohon maaf lahir batin," kata Sultan di lokasi, Sabtu (7/5/2022). 

Kemudian, Prabowo bersama rombongan dipersilakan untuk masuk ke dalam kediaman. Prabowo terlihat mengenakan pakaian atasan putih dan celana hitam. Sementara Sultan Yogya dan GKR Hemas mengenakan busana batik. 

"Di hari libur ini saya mengisi kegiatan dengan kunjungan-kunjungan ke beberapa sahabat lama saya di Yogyakarta, salah satunya dengan Bapak Sultan dan Ibu Ratu Hemas," ujar Prabowo. 

Prabowo menyebut tidak ada pembicaraan politik terkait pertemuan ini. Hal senada juga disampaikan Sultan, di mana dia menyebut pertemuannya dengan Prabowo sebatas silaturahmi Lebaran. 

"Saya terima kasih kepada Pak Prabowo karena berkenan berkunjung ke Yogyakarta. Tidak ada pembicaraan politik, kami hanya silaturahmi," ucap Gubernur DIY itu.

Sebelumnya, usai mengikuti sholat Id di Hambalang, Prabowo langsung bertolak ke Yogyakarta untuk bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi. Beberapa jam kemudian, mantan Danjen Kopassus itu terbang kembali ke Jakarta menemui Megawati di Jalan Teuku Umar, kawasan Menteng.

Pada hari kedua Lebaran atau Selasa (3/5/2022), Prabowo dan rombongan baru menuju ke Jawa Timur (Jatim) menemui sejumlah ulama, di antaranya Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Walisongo di Situbondo Kiai Kholil As'ad dan Pimpinan Ponpes Al-Qodiri Jember Kiai Ahmad Muzaki Syaha. 

Prabowo pun bersilaturahmi dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) di dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Kota Surabaya, pada hari yang sama. Prabowo melanjutkan agendanya dengan ziarah ke makam Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Kompleks Ponpes Tebuireng Kabupaten Jombang.

Keesokan harinya, Kamis (5/5/2022) Prabowo melanjutkan safarinya dengan menemui anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Luthfi bin Yahya alias Habib Luthfi di Pekalongan, Jawa Tengah.


Editor : Rizal Bomantama

BERITA TERKAIT