Makalah (Foto: SHVETS production dari Pexels)
Komaruddin Bagja Arjawinangun

JAKARTA, iNews.id- Cara membuat makalah yang baik dan benar cukup penting bagi seorang mahasiswa. Karena kegiatan mahasiswa tak jauh-jauh dari tugas untuk membuat makalah. 

Apakah yang dimaksud dengan makalah? Berdasarkan keterangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) makalah merupakan suatu tulisan tentang  suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibaca di muka umum atau dalam suatu persidangan yang disusun untuk diterbitkan.

Pengertian lainnya tentang makalah yaitu  sebuah karya tulis ilmiah yang pembahasannya fokus pada masalah tertentu. Biasanya telah melalui proses penelitian, riset di lapangan dan juga observasi. Contoh makalah yang biasa dibuat antara lain karya tulis pelajar dan juga tugas ilmiah bagi mahasiswa. 

Adapun karakteristik makalah yang baik antara lain: 

Mendistribusikan sebuah pemahaman tentang permasalahan teoritik yang dikaji atau kemampuan seseorang dalam menerapkan suatu prosedur atau teori yang berhubungan dengan studi kasus yang ditelaah. 

Makalah merupakan hasil dari kajian laporan dan literatur pelaksanaan suatu kegiatan lapangan yang tentunya sesuai dengan cakupan  masalah pokok pada suatu bidang ilmu.

Menampilkan kemampuan terhadap pemahaman  terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan
Makalah juga menjadi alat pengukur kemampuan seorang dosen, peneliti, mahasiswa dan siswa.

 Hal ini terkait bagaimana mereka dapat mengolah informasi menjadi sebuah karya tulis yang utuh. Saat kamu membuat makalah maka akan dinilai bagaimana  penerapan kaidah PUEBI dengan benar dan tepat.
Isi makalah harus mempunyai sistematika dan tidak acak-acakan dengan kaidah  penulisan ilmiah yang telah diatur oleh lembaga pendidikan terkait.


 
Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar 


 
Untuk membuat makalah yang baik dan benar, langkah pertama kamu harus memiliki topik atau tema pembahasan. Apabila belum ditentukan oleh guru atau dosen, kamu dapat memikirkan apa tema besar yang akan kamu gunakan.

Namun apabila telah ditentukan temanya, kamu tinggal mengerjakan saja apa yang ditugaskan kepadamu.  Setelah menentukan tema, kamu juga bisa mulai menetapkan apa judul yang cocok bagi makalahmu. Judul makalah harus berhubungan dengan isi makalah tersebut.

Carilah bahan referensi yang kredibel dan dari sumber terpercaya. Kamu bisa mengakses  ebook, situs resmi dan artikel lainnya. Begitu selesai menulis, kamu dapat melakukan pengeditan sebelum dilepas kepada publik. Kamu bisa menyuntingnya dua lapis agar tetap berkualitas makalahmu. 

Demikianlah cara membuat makalah yang baik dan benar. Semoga kamu bisa membuat makalah yang baik dan tentunya berkualitas. 


Editor : Komaruddin Bagja

BERITA TERKAIT