Ilustrasi. DPR akan panggil KemenPAN RB dan BKN terkait dugaan kecurangan seleksi CPNS di Buol (Foto: Istimewa)
Puteranegara Batubara

JAKARTA, iNews.id - Komisi II DPR akan meminta keterangan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur-Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) terkait kasus temuan dugaan adanya kecurangan seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah. Kronologi kejadian akan didalami.

“Kami berniat untuk meminta keterangan langsung dari KemenPAN-RB ataupun BKN berkenaan dengan ini, apa yang menjadi penyebab dan bagaimana bentuk dari kecurangan itu terjadi," ujar  Wakil Ketua Komisi II DPR RI Syamsurizal, Selasa (2/11/2021).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menyebutkan kabar temuan kecurangan telah ramai di media sosial dan dirinya memantau untuk menemukan titik konkret pendalamannya. 

“Soal bagaimana konkretnya, nanti kami akan lakukan penyelidikan, penelitian maupun pendalaman dalam waktu tidak lama," kata Syamsurizal. 

Kecurangan seleksi ASN kata Syamsurizal tak dapat dibiarkan karena kecurangan akan memberikan dampak yang berbahaya. Kecurangan tersebut bisa dilakukan perorangan namun juga bisa dikaitkan dengan kepentingan politik tertentu.

"Jika kejahatan perorangan yang didorong oleh keinginan mendapatkan semacam upah atau suap. Tapi kalau ini sudah dikaitkan dengan politik tertentu untuk menyelamatkan orang-orang tertentu," katanya.



Editor : Muhammad Fida Ul Haq

BERITA TERKAIT