Presiden Jokowi melantik perwira TNI Polri lulusan tahun 2021. (Foto ist).
Dita Angga

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melantik prasetya perwira TNI dan Polri Tahun 2021 di Istana Merdeka, Selasa (13/7/2021). Jokowi juga mengingatkan bahwa perjalanan para perwira baru dimulai.

Awalnya para perwira TNI dan Polri mengucapkan sumpah prajurit dan perwira. Acara ini digelar dengan protokol kesehatan hanya beberapa perwira yang hadir, sedangkan perwira lain mengikuti secara virtual.

Perwira Peraih Adhi Makayasa 2021. (Foto ist).

"Pertama mengucakan selamat kepada akademi TNI dan Polri baru saja dilantik, ingat perjalanan saudara baru saja dimulai yang mengabdi kepada bangsa dan negara," kata Jokowi dalam pidatonya, Selasa (13/7/2021).

Menurut Jokowi, para perwira telah mengikuti seleksi yang kompetitif dan ketat. Mereka juga melampaui gemblengan yang sangat berat. 

"Juga melampaui gemblengan sangat berat bukan hanya bertujuan membentuk ketahanan mental tapi wujud persatuan dan integrasi akademi TNI dan Polri. 

Dalam acara ini para perwira Adhi Makayasa hadir yaitu Sermatutar Septian Hariyono Pasaribu (Adhi Makayasa Akmil), Sermatutar Always Giving Hamonangan (Adhi Makayasa AAL), Sermatutar Laode Abdul Muis (Adhi Makayasa AAU) dan Brigtar Hary Indrajati (Adhi Makayasa Akpol).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Tahun ini Presiden Jokowi melantik 700 perwira TNI/Polri. Diantaranya terdiri atas  227 perwira remaja lulusan Akademi Militer,  101 perwira muda lulusan Akademi Angkatan Laut, 91 perwira remaja Akademi Angkatan Udara, dan 281 perwira remaja lulusan Akademi Kepolisian. 


Editor : Faieq Hidayat

BERITA TERKAIT