Menhub Budi Karya (Foto: Tangkapan Layar)
Binti Mufarida

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pemudik mewaspadai 2 titik kepadatan arus balik lebaran 2022. Dua titik itu yakni Tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak, Banten.

“Dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol Semarang-Jakarta, dan penyeberangan Bakauheni-Merak,” kata Menhub, dikutip dari keterangan resminya, Rabu (4/5/2022).

Oleh karena itu, Menhub mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum atau setelah puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 6 sampai 8 Mei 2022 mendatang.

“Bapak Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan arus balik agar tidak terjadi kepadatan, yaitu mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum puncak arus balik di tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022 nanti. Atau kalau cutinya bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah tanggal 8 Mei,” katanya.

Menhub mengatakan, untuk mengantisipasi arus balik di sektor penyeberangan (Bakauheni-Merak), sejumlah antisipasi telah disiapkan. Di antaranya yakni mengimbau masyarakat untuk membeli tiket secara daring jauh hari sebelum keberangkatan.

“Sehingga tidak terjadi penumpukan di area pelabuhan seperti yang terjadi pada arus mudik,” ujarnya.

Sejumlah dermaga tambahan masih terus dioperasikan seperti dilakukan pada arus mudik lalu. Dari arah Sumatera, Pelabuhan Panjang di Lampung akan dimanfaatkan untuk kendaraan besar seperti truk pengangkut barang, sehingga di Pelabuhan Bakauheni bisa memuat lebih banyak kendaraan lainnya seperti mobil, bus dan sepeda motor.

Begitu juga di Merak, Pelabuhan Ciwandaran dan Indah Kiat akan terus dioperasikan untuk memecah kepadatan arus balik menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak.

“Mohon kepada masyarakat untuk mengikuti imbauan-imbauan yang sudah disampaikan, agar perjalanan balik lebih nyaman,” kata Menhub.


Editor : Reza Fajri

BERITA TERKAIT