Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memutasi sejumlah Pangdam. (Foto: Antara)
Sucipto

JAKARTA, iNews.id - Gerbong mutasi TNI kembali bergerak. Kali ini Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merotasi 328 perwira tinggi.

Mutasi TNI tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Jabatan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Ada sejumlah panglima daerah militer atau Pangdam yang dirotasi. Selain itu ada 28 perwira tinggi yang masuk ke dalam satuan baru seperti yang termaktub dalam Perpres No 66 Tahun 2019.

Di antaranya, Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI, dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI.

Berikut daftar Pangdam yang dimutasi:

1. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang dipromosikan menjadi Pangkostrad.

Maruli digantikan Mayjen TNI Sonny Aprianto yang sebelumnya menjabat Deputi III Bidang Kontra Intelijen BIN.

2. Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subianto yang dipromosikan menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) menggantikan Letjen TNI Bakti Agus Fadjari yang diangkat menjadi Danjen Akademi TNI.

Dia digantikan Mayjen TNI Kunto Aief Wibowo yang sebelumnya menjabat Pangdivif-3 Kostrad.

3. Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa dimutasi menjadi Panglima Komando Pertahanan Wilayah (Pangkogabwilhan) III.

Dia digantikan Mayjen TNI Gabriel Lema yang sebelumnya menjabat Ir kodiklatad.

4. Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yugo Triyono diangkat menjadi Dankodiklatad menggantikan Letjen TNI AM Putranto yang memasuki masa pensiun.

Dia digantikan Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa yang sebelumnya menjabat Danjen Kopassus.

5. Pangdam IV/Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno yang diangkat menjadi dosen tetap Universitas Pertahanan (Unhan).

Dia digantikan Mayjen TNI Andi Muhammad yang sebelumnya menjabat Pangdivif-2 Kostrad.


Editor : Rizal Bomantama

BERITA TERKAIT