Pelabuhan Merak, Banten (foto: MPI)
Iqbal Dwi Purnama

JAKARTA, iNews.id - Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ), Banten disiapkan untuk menghadapi arus balik mudik. Tujuannya mengantisipasi lonjakan penumpang arus balik di Pelabukan Merak, Banten.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan penambahan pelabuhan tersebut dapat mengurangi jumlah pemudik yang datang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak.

"Insyaallah semuanya siap, termasuk untuk mengantisipasi digunakannya tambahan. Untuk arus balik ini tidak hanya Pelabuhan Merak saja yang difungsikan, tapi juga ada pelabuhan tambahan yaitu Pelabuhan Ciwandan dan BBJ," kata Muhadjir, Kamis (5/5/2022).

Sementara itu, General Manager PT ASDP (Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan) Luthfi Pratama menambahkan frekuensi penyeberangan juga ditambah melalui Pelabuhan Panjang yang yang terletak di Kecamatan Panjang, Bandara Lampung.

"Jadi bukan hanya Bakauheni saja (yang bisa digunakan mengangkut penumpang), jadi dari Pelabuhan Panjang bisa langsung ke Ciwandan," sambung Luthfi.

Penambahan angkutan dan pengoperasian pelabuhan tambahan tersebut menurut Lutfi untuk kelancaran arus balik mudik lebaran 2022.

"Yang jelas (penambahan pelabuhan) sampai selesai angkutan lebaran ini," pungkasnya.


Editor : Faieq Hidayat

BERITA TERKAIT