Presiden Joko Widodo (Foto: Setpres)
Raka Dwi Novianto

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mempersiapkan sarana prasarana hingga logistik untuk pemilu 2024. Persiapan itu juga harus dilakukan secara efisien dan tranparans.

Awalnya Jokowi menekankan kepada seluruh jajaran KPU agar memastikan seluruh kegiatan di semua tahapan memiliki pengaturan teknis yang baik.

"Ini penting setiap tahapan harus memiliki koridor hukum yang jelas. Hal ini penting untuk mengantisipasi dan juga mengatasi berbagai persoalan-persoalan yang akan muncul," kata Jokowi dalam sambutannya pada Rapat Konsolidasi Nasional Kesiapan Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, Jumat (2/12/2022).

Jokowi juga mengingatkan kepada KPU bahwa hal-hal teknis bisa menjadi politis. Dirinya meminta KPU untuk berhati-hati. Maka dari itu, KPU diminta mempersiapkan sarana prasarana hingga logistik dengan baik 

"Memang kondisi ini yang perlu kita siapkan jangan sampai ketidaksiapan menyebabkan nantinya keributan keributan di lapangan hal kecil-kecil ini kalau kita tidak detail mengikuti menyelesaikan bisa menjadi persoalan di lapangan menjadi keributan-keributan di lapangan. Selain itu juga penting ini lakukan efisiensi dan tranparansi sehingga semuanya terbuka," kata Jokowi.

Jokowi juga meminta KPU untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM). Pembekalan pengetahuan keterampilan dan kemampuan-kemampuan lainnya sangat dibutuhkan agar seluruh perangkat dan petugas mampu bertugas dengan baik.

"Semua jajaran KPU harus menyadari besar dan pentingnya tugas untuk membawa pesta demokrasi bangsa kita. Momentum berharga menunjukkan komitmen dan integritas menunjukkan dedikasi dan kemampuan terbaik bagi masa depan bangsa," ujarnya.



Editor : Muhammad Fida Ul Haq

BERITA TERKAIT