Ilustrasi. Tersangka teroris di Bogor berencana beraksi di DPR. (Foto: Ilustrasi/Ist)
Puteranegara Batubara

JAKARTA, iNews.id - Tersangka teroris RS yang ditangkap di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, diketahui telah memiliki rencana untuk melancarkan aksi teror atau amaliah di Gedung DPR. Tersangka sempat mengunggah rencana itu di media sosial.

"Berdasarkan informasi IT berencana melakukan kegiatan amaliah di Gedung DPR," kata Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar, Jakarta, Kamis (17/3/2022).

Menurut Aswin, rencana itu diketahui, dalam unggahannya di akun Facebook pribadi bernama Ana Ikhwan pada 16 Februari 2022. Dia mengunggah sebuah kalimat di halaman Facebook yang berisi 'terkadang kalau lihat pasangan suami istri, mesra-mesra romantis di tempat umum. Kenapa ya rasanya pingin pergi saja ke Gedung DPR untuk amaliah'.

"(Tersangka juga) sering memposting video kekerasan yang dilakukan ISIS di Facebook," ujar Aswin.

Setidaknya sudah ada 12 tersangka terorisme ditangkap dalam dua hari terakhir. Sebanyak lima tersangka terorisme kelompok Jamaah Islamiyah (JI) ditangkap di Kabupaten Tangerang, Banten pada Selasa, 15 Maret 2022. 

Kelimanya adalah TO, GU, SS, UMB, dan SU. TO adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang, sedangkan yang lainnya karyawan swasta. 

Kemudian, empat tersangka terorisme dengan jaringan yang sama ditangkap di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) pada Rabu, 16 Maret 2022. Keempatnya adalah AR, MS, AS dan DS.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq

BERITA TERKAIT