Ilustrasi buah tomat
puti aini yasmin

JAKARTA, iNews.id - Banyak yang bertanya apakah tomat termasuk buah atau sayur? Agar tidak bingung, berikut hasil penelitian fakta sebenarnya.

Dikutip dari buku 'Fakta Ilmiah Buah & Sayur' karya dr Setiawan Dalimartha dan dr Felix Adrian, tomat berasal dari Amerika bagian Selatan dan Tengah. Tomat dapat tumbuh di tanah yang gembur dan subur, serta tak tahan akan terik matahari dan hujan.

Apakah Tomat Termasuk Buah atau Sayur?

Berdasarkan hasil botani, tomat adalah sayuran. Ada banyak varietas buah tomat di dunia, bahkan warnanya beragam, seperti kuning, merah, oranye, hijau dan cokelat.

Mengapa Tomat Termasuk Sayur?

Tomat termasuk sayuran karena memiliki biji. Adapun, bijinya berbentuk pipih dan banyak namun bisa langsung dimakan atau dibuat jus, serta campuran sayur.

Tomat memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin A, C dan K. Kemudian, ada juga karoten terutama likopen dan biotin, serta rendah kalori.

Banyak orang bingung apakah tomat termasuk buah atau sayur karena biasanya tomat digunakan sebagai campuran masakan. Apalagi, tomat ceri digunakan untuk sambal dan hidangan salad.

Jadi, sudah bisa bedakan tomat termasuk buah atau sayur kan?


Editor : Puti Aini Yasmin

BERITA TERKAIT