Ferdinand Hutahaean dilaporkan polisi usai menulis unggahan bernada SARA di media sosial (Foto: Sindo)
muhammad farhan

JAKARTA, iNews.id -Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Sunanto, menyatakan akan mengadukan Ferdinand Hutahean ke Polisi terkait cuitannya yang kontroversial. Sunanto menilai cuitan Ferdinand bernada ujaran kebencian dan merobek batin masyarakat Indonesia, khususnya bagi umat Muslim. 

Pria yang akrab disapa Cak Nanto tersebut merasa tidak sepantasnya seorang 'public figure' seperti Ferdinand itu lemah akalnya. Baginya, Ferdinand seharusnya sadar bahwa dirinya tidak berdiri di ruang kosong. 

"Maka harusnya tangan dan mulut jangan mendahului akalnya", kata Cak Nanto via pernyataan tertulis pada Rabu (5/1/2022). 

Bagi Mantan Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat tersebut bahwa ini menjadi pembelajaran bagi nilai toleransi terhadap sesama. Dia berujar bahwa Ferdinand sungguh telah mengoyakan tatanan harmonisasi kebinekaan yang menjadi spirit dalam berbangsa dan bernegara. 

"Saya berharap polisi dapat bertindak tegas agar tidak menjadi kusut dan berlarut yang bisa menimbulkan kegaduhan di masyarakat", tuturnya. 

Sebelumnya, mantan politisi Partai Demokrat cum pegiat media sosial, Ferdinand Hutahaean mencuit di media sosial Twitter pribadinya soal ujaran kebencian. 

Sementara itu, Ferdinand sudah mengklarifikasi cuitan tersebut. Dia mengatakan cuitannya tidak untuk menyasar kelompok tertentu, orang tertentu ataupun agama tertentu. 

Dia mengatakan postingan itu merupakan dialog imajiner antara pikiran dan hatinya. Sebab dirinya tengah down atau banyak beban, hanya saja dia tidak pernah menyampaikannya di Twitter.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq

BERITA TERKAIT